Barometer.co.id-Manado. Turis asal Tiongkok kembali berdatangan ke Sulawesi Utara pascapandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan mendaratnya pesawat China Southern Airlines di Bandara Internasional Sam Ratulang Manado, Minggu dinihari (16/07/2023) pukul 00.30 Wita dan membawa 189 turis.

Kedatangan pesawat China Sounthern Airlines disambut dengan acara khusus termasuk water salute dan pengalungan bunga kepada penumpang sebagai tanda selamat datang. Pesawat China Southern Airlines membawa penumpang dari Guangzhou Baiyun Internasional Airport.

Diketahui, kedatangan turis asal Tiongkok terakhir kali di tahun 2020 pada saat pandemi. Dan seiring dengan diberlakukannya masa transisi Endemi covid 19,  Sulut bisa bangkit kembali dan pariwisata kembali bergairah dengan kedatangan turis asal Tiongkok ini.

Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado menyatakan siap menyambut dan melayani pesawat China Sounthern Airlines. Saat ini maskapai China Sounthern beroperasi 2 kali dalam seminggu yaitu Selasa dini hari dan Minggu dini hari.

“ini adalah moment istimewa bagi Manado sebagai destinasi pariwisata dunia selain Bali dan merupakan langkah penting dalam memperkuat konektifitas udara dengan China dan negara negara lainnya. Kami berharap ke depan pesawat dari Guangzho menjadi daily atau setiap hari. Saat ini Bandara Sam Ratulangi memiliki kapasitas 6 juta penumpang per tahun dan beroperasi 24 jam serta memiliki 22 parking stand” ujar General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai.(jm)