oleh

Balap Sepeda Sulut Sukses Loloskan 5 Atlet Ke PON XXI/2024

Barometer.co.id-Manado. Perjuangan Lima Atlet Sulawesi Utara pada ajang Babak Kualifikasi PON XXI/2024 yang berlangsung di Lubuk Linggau Sumatera Selatan, 21 s.d. 26 Agustus 2024 berbuah manis.

Lewat kerja keras yang dibangun seluruh tim baik pelatih, mekanik hingga ofisial pendamping dari KONI Provinsi Sulut, seluruh atlet mampu mendapatkan kesempatan untuk berlaga di Pesta Olahraga Paling Akbar di Bumi Nusantara, yang dijadwalkan berlangsung di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, September 2024 mendatang.

Hasil yang dicapai lima atlet masing-masing Alphinestar Worotitjan, Kenzo Kimi Manoppo, Gabriel Turambi, Ahmad Fajar Gasani dan Jireh yang didampingi Ferry Palar sebagai pelatih dan Roby Lumi ofisial pendamping dari KONI Sulut menjadi sejarah baru bagi Pengprov ISSI Sulut.
Sebab, setidaknya dari 20 tahun terakhir atau lima kali pelaksanaan PON, Cabang Olahraga Balap Sepeda Sulut absen. Lebih spektakuler lagi lolosnya para pembalap sepeda Sulut pada Babak Kualifikasi PON kali ini dilengkapi dengan perolehan medali.

Bahkan di nomor putri, satu satunya pembalap sepeda Sulut yakni Jireh Waleleng berhasil mempersembahkan medali emas di Category Woman Youth, Individual Road Race (IRR). “Jireh Waleleng mencatat waktu 47.44.241 sekaligus menyisihkan 25 atlet,” ujar Lumi.

“Dari 5 Atlet Sulut yang berlaga di Babak Kualifikasi PON, seluruhnya lolos PON karena berhasil mengumpulkan 110 poin dengan menempati rangking kesembilan dari 28 provinsi yang ikut bertanding di Lubuk Linggau,” jelas Lumi.

“Hasil yang dicapai kontingen Balap Sepeda Sulut di ajang Babak Kualifikasi PON XXI menjadi bagian dari sejarah sebab,.selain lolos lewat perolehan poin, dua atlet Sulut berhasil meraih medali masing masing emas untuk putri dan perak untuk putra,” imbuh Lumi yang juga adalah Guru Penjas di SMP Negeri 1 Manado.

Secara keseluruhan, Lumi yang ikut mendampingi persiapan hingga pelaksanaan lomba di Lubuk Linggau, memberikan apresiasi kepada seluruh atlet, pelatih hingga Pengurus Provinsi ISSI Sulut yang dinakhodai Revino Pepah, yang memiliki sinergi selama pelaksanaan Babak Kualifikasi PON XXI/2024.

Sementara itu capaian Kontingen Balap Sepeda Sulut di Babak Kualifikasi PON XXI juga diapresiasi Ketua Umum KONI Sulut, Drs Steven Kandouw. Melalui Ketua Harian Brigjen TNI Theo Kawatu SIP, KONI Sulut menyatakan terima kasih atas perjuangan seluruh tim sehingga mampu meraih tiket PON sekaligus mempersembahkan medali di babak kualifikasi PON.(dni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *