oleh

Muaythai Sulut Klaim Delapan Nomor PON XXI/2024

Barometer.co.id-Manado. Kontingen Muaythai Sulawesi Utara sukses mengklaim delapan nomor PON XXI/2024 lewat ajang Babak Kualifikasi PON yang berlangsung di GOR Pancasila Surabaya, 20-27 Agustus 2023.

Keberhasilan Cabang Olahraga yang dinakhodai Youbert Dondokambey tersebut setelah pada partai penentuan kualitas nomor tanding, Kamis (24/08) malam, empat atlet mampu memenangkan pertandingan untuk meraih tiket ke babak semifinal.

Sisilia Olivia Bakar yang turun di kelas 45 Kg U23 meraih tiket pertama bagi kontingen Sulut di nomor tanding usai meraih kemenangan RSC atas wakil dari Gorontalo. Pada kelas 54 Kg Elite Putri, Angelina Runtukahu tanpil percaya diri saat berhadapan dengan atlet asal Provinsi Bali.

Tiket PON XXI ketiga dari nomor tanding diraih Frend Karundeng di kelas 67 Kg Elite Putra usai memenangi pertandingan melawan utusan Provinsi Banten dengan RSC. Pengalaman peraih medali emas di PON XX Papua tersebut menjadi modal utama saat bertanding.

Sebelumnya Frend Karundeng sukses mengkanvaskan atlet asal Jawa Tengah di ronde pertama. Sayangnya, sukses meraih tiket ke PON XXI harus dibayar mahal oleh Fren dan Angelina Runtukahu. Sebab, sesuai memenangkan partai perempatfinal, keduanya mengalami cedera kaki yang cukup serius.

Imbasnya pada pertandingan babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung Jumat malam baik Frend maupun Angelina Runtukahu tidak bisa naik ring. Hal itu dibenarkan Pelatih Kepala Hendra Massie.

“Kami sudah memasukkan surat keterangan dokter ke panitia karena Frend dan Angel mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan babak semifinal,” ujar Hendra didampingi Minarti Palangda sebagai asisten pelatih.

Tiket keempat untuk nomor tanding diraih pendatang baru Ezekiel Walewangko. Atlet berusia 15 tahun tersebut berhasil menghentikan perlawanan utusan Provinsi Papua di kelas 45 Kg U23. Permainan taktis Ezekiel menyulitkan lawan untuk bisa menyerang.

Dengan lolosnya empat nomor tanding, Kontingen Sulut telah memastikan lolos PON XXI di delapan nomor dengan jumlah atlet 14 orang. Sebab di nomor Seni Muayboran Putra dan Putri serta nomor Muayaerobic Putra dan Putri, Sulut lolos.

Bahkan tim putri berhasil memperoleh medali perunggu di nomor Muayboran dan Muayaerobic. Sementara tim putra menempati posisi keenam di Muayboran dan posisi 5 di Muayaerobic.

Peluang Kontingen Muaythai Sulut untuk menambah jumlah nomor yang lolos PON XXI masih relatif terbuka karena enam atlet yang kalah di partai delapan besar masih diberikan kesempatan untuk bertanding memperbutkan peringkat kelima dan keenam.(dni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *