Selam Sulut Klaim 5 Seat di Pra PON XXI/2024

Baromoter.co.id-Manado. Meski harus bersaing dengan sejumlah provinsi yang punya atlet atlet level nasional seperti Jawa Timur, tuan rumah DKI Jakarta dan lainnya, Cabang Olahraga Selam Sulut akhirnya mampu mengklaim lima seat pada laga Pra PON XXI/2024.

Mengirimkan 12 atlet di nomor laut dan kolam, pada pelaksanaan Pra PON di Kolam Renang Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dan Kawasan Pulau Seribu Jakarta Utara, pertengahan Juli lalu, Kontingen Selam Sulut berhak mengirimkan minimal lima atlet di PON XXI Sumatera Utara dan Aceh.

Informasi dari Nelson Uada, Sekum POSSI Sulut yang juga adalah pelatih nomor laut, dari lima seat hasil Pra PON, setiap atlet bisa tampil maksimalkan tiga nomor. “Yang lolos 5 seat masing-masing 2 Finswimming dan 3 OBA,” kata Uada.

“Pada nomor Finswimming satu atlet (seat) bisa ikut 3 nomor (2 nomor kolam dan 1 nomor laut. Kemudian Nomor OBA 3 atlet/seat. 1 atlet bisa turun di 2 nomor masing-masing M Course dan 5 Point Course,” ujarnya lagi.

Sebelumnya informasi yang diperoleh dari Dr. Marnex Berhimpong, MKes AIFO, di nomor kolam, dua orang atlet masing masing Micky Wowor dan Benaya Pombengi berhasil masuk final dan lolos PON.

Kemudian di nomor Laut, para atlet Sulut seperti Andrew Rorimpandey, Adrian Uada, Rabia Salay dan Shintia Rungkat juga berhasil meraih poin yang mampu mengantarkan kontingen Sulut ke PON di nomor laut.

Cabor Selam sebelumnya menjadi salah satu penyuplai medali bagi Kontingen Sulut di PON. Di Jawa Barat Tahun 2016, medali perunggu diraih Sulut melalui Andrew Rorimpandey. Selanjutnya di PON XX Papua Tahun 2021, dua medali yakni perak dan perunggu diperoleh Sulut melalui Micky Wowor.(dni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *