oleh

Open Base Latma Elang Ausindo Dipadati Warga, Operasional Bandara Samrat Tidak Terganggu

Barometer.co.id-Manado. Open Base Latma Elang Ausindo 2023 di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sabtu 23 September 2023 dikunjungi ribuan warga. Walau dilaksanakan di apron, namun operasional bandara tidak terganggu.

“Operasional bandara tidak terganggu dengan adanya Open Base ini. Sebab kami telah mengeluarkan Notam bahwa parking stand 16 sampai 24 akan digunakan untuk open base ini,” kata GM PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai.

Minggus E.T. Gandeguai.

Bahkan Open Base ini menurut Minggus sangat baik untuk edukasi bagi warga Manado. “Kegiatan ini bisa menjadi edukasi bagi warga, khsusunya bagi mereka yang ingin menjadi pilot pesawat,” kata Minggus.

Pada Open Base ini, warga bisa melihat dari dekat pesawat tempur F-16 milik TNI-AU dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi serta pesawat tempur milik Angkatan Udara Australia, F-35.

Pesawat-pesawat tempur tersebut saat ini memang tengah melakukan latihan bersama di Manado dengan sandi Elang Ausindo 2023. Latihan bersama antara TNI-AU dan RAAF (Angkatan Udara Australia) ini berlangsung 18 sampai 27 September 2023.

Keberadaan F-35 milik RAAF ini mendapat perhatian lebih pengunjung, sebab merupakan pesawat tempur yang masih baru. Minggus mengatakan, Latihan bersama RAAF ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan di Manado.

“Sebelum ini, latihan bersama juga dilakukan beberapa tahun lalu sebelum pandemi Covid-19. Dan setiap kali datang ke sini, RAAF selalu membawa pesawat yang berbeda. Kali ini mereka membawa F-35 yang merupakan pesawat tempur baru,” katanya.

Saat Open Base ini, tiga pesawat tempur F-16 melakuan dua kali flypass yang disambut meriah warga. Dua kali flypass tersebut dilakukan dengan formasi yang berbeda.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *