oleh

Pemkot Tomohon dan Penyelenggara Pemilu Pererat Koordinasi

Barometer.co.id-Tomohon 

Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2024, diseriusi Pemkot Tomohon, KPU Kota Tomohon dan Bawaslu Kota Tomohon. Hal ini terlihat dalam kegiatan Sosialisasi Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Emera Hills Tomohon Utara Rabu, (15/11).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemkot Tomohon menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Tomohon  mengambil peran dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

“Pemilih umum juga pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat guna menghasilkan pemerintahan Negara yang Demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sosialisasi ini bertujuan agar pesta lima tahunan ini berjalan dengan baik dan efektif serta diharapkan partisipasi masyarakat yang tinggi sehingga masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya, kami berharap juga masyarakat memiliki peningkatan kesadaran bahwa satu suara sangat penting dalam turut menentukan nasib Bangsa,” tegas Walikota Caroll.

Untuk diketahui, Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa indonesia dalam lima tahun ke depan di mana tahun 2024, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dengan begitu banyak calon. “Dan hari pemungutan suara jatuh pada tanggal 14 februari 2024 untuk pemilihan umum Presiden dan wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD), sedangkan untuk pilkada apabila tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tanggal 27 november 2024. Untuk itu saya mengajak warga Kota Tomohon dari sekarang untuk mempersiapkan diri, turut menjaga stabilitas kota Tomohon dan aktif sebagai pemilih,” imbau Walikota Caroll.

Dalam momentum tersebut, Pemerintah Kota Tomohon  memberikan dana hibah kepada KPU Kota Tomohon dan Bawaslu Kota Tomohon untuk dipergunakan dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Pemerintah kota Tomohon menugaskan personel ASN/Non ASN pada sekretariat PPK, Panwascam dan PPS, penyediaan sarana untuk ruangan kerja Sekretariat PPK di Kecamatan dan PPS di kantor kelurahan. Selain itu penugasan satuan Linmas di masing-masing TPS, sebagai bentuk dukungan nyata.

Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Daerah Kota Tomohon Stenly Mokorimban, SH menjelaskan

tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang Pemilihan umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan terciptanya pelaksanaan Pemilihan umum dan Pemilihan Kepala daerah tahun 2024 yang aman, lancar dan sukses di Kota Tomohon. 

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bawaslu Kota Tomohon dan pemerintah Kota Tomohon tentang pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Kota Tomohon pada pemilihan umum dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas, SP, Plh. Ketua KPU Tomohon Deysi Soputan,SPd, Jajaran Pemkot Tomohon, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *