oleh

Basarnas Manado siagakan 117 personel hadapi Natal dan Tahun Baru

Barometer.co.id-Manado. Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado menyiagakan sekitar 117 personel dalam menghadapi Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Basarnas Manado Monce Brury, di Minahasa Utara, Senin, mengatakan pihaknya melakukan siaga khusus Natal dan Tahun Baru yang digelar dari 18 Desember 2023 – 7 Januari 2024.

“Dalam siaga tersebut, Basarnas Manado mengerahkan sebanyak 117 personel,” kata Monce Brury usai apel Siaga Khusus Basarnas Manado dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ia mengatakan personel tersebut tersebar pada sejumlah tempat seperti Unit Siaga SAR Likupang Kabupaten Minahasa Utara, Unit Siaga SAR Bitung, Pos SAR Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, Unit Siaga SAR Kotamobagu, Unit Siaga SAR Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe dan di Kantor Basarnas Manado.

Selain personel, juga telah menyiapkan sejumlah peralatan seperti satu unit kapal KN SAR Bima Sena yang yang ditempatkan secara “mobile” dari Likupang, Manado, Bitung, rescue truk dan truk personel.

“Dalam siaga khusus ini, Basarnas Manado selalu berkoordinasi dengan setiap lembaga baik pemerintah, BUMN dan organisasi-organisasi untuk menindak lanjuti apabila ada kejadian musibah, bencana atau membahayakan jiwa manusia sehingga cepat tertangani dan tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Ia mengatakan, dalam perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru seperti ini, masyarakat Sulawesi Utara menjalankan aktifitas di luar rumah untuk belanja kebutuhan Hari Raya Natal dan merayakan Tahun Baru, serta berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Natal bersama.

“Seluruh pegawai Basarnas Manado diinstruksikan harus waspada dan cepat tanggap di sekeliling kita, dan Kepala Basarnas pusat sudah menginstruksikan kepada jajarannya yang ada di unit pelaksana teknis (UPT) daerah masing-masing agar cepat dan tanggap setiap ada laporan sekecil apapun. Basarnas Manado siap untuk mengamankan Hari Raya Natal dan tahun baru,” katanya.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *