oleh

Jonatan Susul Ginting ke Semifinal All England 2024

Barometer.co.id-Jakarta. Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menyusul langkah Anthony Sinisuka Ginting ke babak semifinal All England Open 2024, Sabtu WIB.

Kepastian itu Jonatan dapatkan setelah menang atas unggulan kedua asal China, Shi Yu Qi, 21-12 di babak perempat final. Shi memutuskan untuk mundur di gim kedua karena kondisi fisiknya yang menurun.

“Saya memberikan respek dan hormat saya kepada Shi Yu Qi yang bermain luar biasa minggu lalu. Tidak mudah mempertahankan kondisi dan performa di turnamen back to back, Shi Yu Qi coba melakukan itu sampai pertandingan tadi,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Jonatan menjelaskan, penampilan Shi pada gim pertama memang sedikit berbeda dari biasanya. Ia menyoroti pergerakan kecepatan Shi yang tidak seperti performa sebelumnya.

“Saya sempat bertanya kenapa, dia tidak menunjuk satu titik, tapi semuanya, mungkin ada kelelahan yang amat sangat,” ungkap Jonatan.

Dengan ini, maka Indonesia sudah memastikan dua wakilnya di babak empat besar turnamen BWF Super 1000 kali ini.

Adapun pencapaian Jonatan dan Ginting ini sekaligus menandai pertama kalinya terdapat dua tunggal putra Indonesia yang lolos ke empat besar turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Kedua pemain tunggal putra itu adalah Taufik Hidayat dan Budi Santoso, yang menembus babak semifinal All England Open pada tahun 1999.

Di sisi lain, Jonatan mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu buah dari perjuangan berupa latihan dan diskusi panjang yang rutin ia lakukan bersama tim tunggal putra di setiap turnamen yang mereka ikuti.

“Diskusi kami di tunggal putra tidak hanya ada di turnamen kali ini. Setiap turnamen kami bakal ada meeting untuk membahas calon-calon lawan,” ungkap Jonatan.

“Mungkin buahnya sekarang, di beberapa turnamen ke belakang hasilnya belum memuaskan. Jadi pasti ada dampaknya, kami jadi lebih siap dan saling kasih masukkan. Saya, Ginting bahkan Chico (Aura Dwi Wardoyo). Input itulah yang bisa jadi modal,” ujarnya menambahkan.

Dengan ini, maka Jonatan akan bertemu dengan Lakshya Sen (India), dan Ginting bakal berhadapan dengan Christo Popov (Prancis) di babak semifinal All England Open 2024, akhir pekan ini.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *