Abu Vulkanik Masih di Ruang Udara, Bandara Sam Ratulangi Tutup Sampai 22 April

Barometer,co.id-Manado. Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado masih tutup sampai Senin, 22 April 2024 jam 12.00 WITA. Abu vulkanik Gunung Ruang yang membahayakan penerbangan masih berada di ruang udara bandara sehingga belum bisa dilakukannya penerbangan.

“Sebenarnya berdasarkan hasil paper test tadi malam (Sabtu malam, red) telah menunjukkan hasil yang positif. Tetapi berdasarkan koordinasi dengan BMKG menujukkan hasil citra satelit abu vulkanik Gunung Ruang masih berada di ruang udara Bandara Sam Ratulangi, sehingga pilot belum berani melakukan penerbangan karena sangat riskan,” Kata Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono, Minggu (21/04).

Bandara Sam Ratulangi Manado sudah ditutup sejak Kamis 18 April 2024 akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Akibat penutupan ini, puluhan penerbangan dibatalkan dan ribuan penumpang batal berangkat.
Yanti mengatakan, penutupan bandara ini karena adanya force majeur yaitu meletusnya Gunung Ruang. “Abu vulkanik sangat tajam dan sangat berbahaya bagi mesin pesawat. Oleh sebab itu penerbangan belum bisa dilakukan jika terdeteksi masih ada abu vulkanik,” jelas Yanti.

Pihaknya berharap penumpang dapat memakluminya demi keselamatan bersama.(jou)