oleh

Tiga Pesawat Sempat mendarat dan Dua Diberangkatkan sebelum Bandara Sam Ratulangi Ditutup

Barometer.co.id-Manado. Sebelum ditutup pada Rabu pagi pukul 06.45 WITA, tiga pesawat sempat mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado. Selain itu, dua pesawat juga sempat diberangkatkan.

Tiga pesawat yang sempat mendarat sebelum bandara ditutup yaitu Citilink, Batik dan Trigana (kargo). Total penumpang yang turun sebanyak 342 orang.

Sedangkan pesawat yang sempat berangkat pada Rabu pagi sebelum bandara ditutup yaitu Transnusa tujuan Denpasar dengan 45 penumpang dan Lion Air tujuan Makassar dengan 104 penumpang.

Opersional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado kembali ditutup mulai Selasa (30/04) hingga Rabu (01/05) akibat erupsi Gunung Ruang. Hasil dari BMKG dan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang telah menetapkan status Gunung Ruang naik menjadi level 4 (awas), membuat operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi ditutup sementara hingga pukul 12.00 WITA Rabu (01/05/2024). Penutupan ini sesuai dengan NOTAM yang dikeluarkan nomor : A1148/24 NOTAM A1144/24 .

Sebelumnya di pagi hari jam 07.00 WITA sudah dikeluarkan Notam. Namun hasil dari rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Kantor Otband Wilayah VIII dan General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, GM Airnav Indonesia, Kepala  BMKG, dan Maskapai Penerbangan dimana kembali terjadi erupsi, sehingga diputuskan operasional Bandara Sam Ratulangi ditutup kembali hingga Rabu.

General Manager PT. Angkasa Pura I, mengatakan situasi operasional di Bandara masih tertib dan kondusif. Pihaknya melakukan antisipasi dan mitigasi serta tetap melakukan paper test untuk mengetahui dampak dari abu vulkanik,dimana bandara sudah ditutupi dengan abu vulkanik.

“Keadaan ini mengharuskan pihak bandara tidak melakukan penerbangan, yang mengakibatkan ditundanya 38 pesawat arrival dan departure dengan 1.745 penumpang. Hingga pukul 22.45 Wita sementara ada  9 pesawat di Apron antara lain; Citilink, Super Air Jet, Lion, Batik, Trans Nusa, Trigana, dan 3 pesawat dari maskapai Wings yang parkir sementara di apron. 

“Kami berharap penumpang bisa memaklumi atas bencana dampak erupsi gunung ruang ini dan para calon penumpang  bisa menghubungi maskapai penerbangan masing masing untuk mereschedule atau merefund tiketnya,” katanya.(jou)