BSG, KPK dan Bapenda Bersinergi Tingkatkan PAD melalui Alat Rekam Pajak

Barometer.co.id-Manado. Bank SulutGo (BSG) mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sulawesi Utara melalui Alat Rekam Pajak. Dukungan tersebut dilakukan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) se-Sulawesi Utara.

Direktur Kepatuhan BSG, Machmud Turuis mengatakan, dalam upaya meningkatkan PAD, pihaknya menyediakan layanan yang mudah dan cepat bagi wajib pajak.

“Bersama Bapenda se-Sulawesi Utara, kami akan menyediakan layanan pembayaran pajak yang mudah dan cepat,” kata Turuis dalam Rapat Koordinasi Evaluasi dan Upaya Peningkatan Pajak Daerah melalui Alat Rekam Pajak bersama KPK dan Bapenda se-Sulawesi Utara, Jumat (31/05/24).

Pada Rakor yang dilaksanakan di Kantor Pusat BSG ini, Turuis juga menyampaikan komitmen BSG untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

Kasatgas Wilayah IV KPK, Andy Purwana menyampaikan pentingnya sinergi antara KPK, BSG dan Bapenda se-Sulawesi Utara dalam meningkatkan PAD melalui optimalisasi pajak daerah. Alat rekam pajak menurutnya merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan PAD.

“Alat Rekam Pajak dapat membantu Bapenda memantau dan mengawasi transaksi keuangan wajib pajak secara real time. Dengan demikian potensi kebocoran pajak dapat diminimalisasi,” kata Purwana.

Rakor ini sekaligus menjadi forum bagi Bapenda se-Sulawesi Utara untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam optimalisasi pajak daerah melalui alat rekam pajak.

Melalui Rakor ini juga diharapkan terjalin sinergi yang kuat antara KPK, BSG dan Bapenda se-Sulawesi Utara untuk meningkatkan PAD dan mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.(jou)