Spensa Juara Umum Popkot Manado Cabor Atletik

Barometer.co.id-Manado. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Manado tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Kota (POPKOT) Manado Tahun 2024 di Cabang Olahraga Atletik, yang digelar di Lintasan Atletik KONI Sario Manado, baru baru ini.

Sekolah yang lebih familiar dengan sebutan SPENSA Manado, sukses menjadi juara umum kategori SMP setelah mengumpulkan satu medali emas, satu perak dan dua perunggu di dua nomor yang dilombakan yakni Sprint 80 Meter Lompat Jauh putra putri.

Medali emas digondol sprinter putri Tresye Dujoh di nomor 80 Meter putri dengan catatan waktu 11,39 detik. Kemudian medali perak juga disumbangkan Tresye Dujoh di nomor lompat jauh putri. Sementara dua medali perunggu direbut Cindy Sarayar di nomor 80 Meter putri dan Gavril Kapoh di nomor lompat jauh.
SMP Eben Haeser dan SMP Negeri 10 Manado menempati peringkat kedua juara umum usai merebut masing satu medali emas dan satu perak. Posisi selanjutnya adalah SMP Dian Harapan dan SMP Advent usai meraih masing masing satu medali perunggu.

Sebagai Ketua Penyelenggara Lomba Atletik POPKOT Manado, Drs Hesky Roby Lumi memberikan apresiasi atas gagasan dari Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) untuk menggelar sebuah ajang lomba dalam rangka membangkitkan olahraga Kota Manado, yang sudah mulai terkikis akibat kemajuan teknologi digital, dimana generasi muda kini lebih banyak bermain HP ketimbang berolahraga.

Ia berharap ke depan, selain mempersiapkan POPKOT, Pemerintah Kota Manado kembali mengaktifkan kompetisi di tingkat pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar seperti Liga Pelajar Manado yang pernah digagas Dispora Manado, sekitar sepuluh tahun silam, yang didalamnya ada Drs Pontowuisang Kakauhe, Kadispora Kota Manado saat ini.

Ketika itu, olahraga di Kota Manado lebih bergairah. Bahkan, lewat ajang yang digagas Almarhum Albert Mangantar tersebut ada sejumlah atlet yang mampu berprestasi di level nasional. Salah satunya adalah atlet Pencak Silat, Fendrika Lapasiang, yang mengawali prestasi lewat Liga Pelajar Manado. Kini figur Anggota TNI Angkatan Darat tersebut tercatat sebagai atlet Kontingen PON Sulut Cabor Kick Boxing.

Sementara terkait hasil positif yang diukir SPENSA Manado, mendapatkan apresiasi dari pihak sekolah yang dipimpin Kepala Sekolah Drs. Salmon C. Rosang MPd. “Pimpinan sekolah memberikan apresiasi atas capaian para atlet yang juga adalah siswa siswa SPENSA Manado,” ujar Drs Hesky Roby Lumi, sebagai pembina olahraga di salah satu sekolah favorit di Provinsi Sulawesi Utara.

Sebagai pembina olahraga di tingkat sekolah, Roby Lumi berharap kegiatan kompetisi di level pelajar seperti POPKOT ataupun Liga Pelajar bisa tetap konsisten dan berjenjang sehingga pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah dasar memiliki kesempatan mempertahankan prestasi ketika mereka masuk di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.(dni)