Walikota Caroll JA Senduk Tegaskan Pemkot Tomohon Dukung Kemajuan UMKM

Barometer.co.id-Tomohon. Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, SH menegaskan, pihaknya mendukung pengusaha dan UMKM di Kota Tomohon maju dan berkembang.

Hal ini disampaikan Caroll di depan pelaku usaha dan UMKM di Kota Tomohon dalam acara Bimbingan Teknis/Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Tahun 2024 yang digelar di Lantai 3 Mall Pelayanan Publik Kantor Walikota Tomohon, Selasa, (13/06/2024).

“Pemerintah Kota Tomohon akan terus mendorong pelaku UMKM atau orang yang akan berusaha untuk memaksimalkan usahanya. Oleh sebab itu, perlu kreatifitas dan inovasi yang baru agar usahanya semakin berkembang. Bila usahanya berkembang akan bermanfaat bagi ekonomi rumah tangga dan ekonomi Kota Tomohon juga akan lebih maju,” kata Caroll.

Peserta Bimtek

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada pelaku usaha dan UMKM yang telah hadir pada kegiatan ini karena akan menambah pengetahuan mereka terkait perizinan untuk memajukan usahanya. “Kegiatan ini akan lebih memperdalam Bapak Ibu selaku pengusaha untuk mengurus perizinan,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini berdampak baik bagi Pemerintah Kota Tomohon. Ia pun mengatakan akan mengangkat dunia usaha secara bersama-sama untuk membangun Kota Tomohon. Dan hal ini perlu dukungan dari para pengusaha atau UMKM.

Caroll juga memberikan apresiasi kepada DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Tomohon yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, Caroll mengajak pelaku usaha di Kota Tomohon untuk masuk dalam E-Katalog karena akan memperluas pemasaran produknya. Dalam E-Katalog menurut Caroll pengusaha dapat menemukan target pasar yang baru, meningkatkan reputasi bisnis dan sejumlah manfaat lainnya dalam mengembangkan usaha. Pelaku usaha juga akan masuk dalam daftar nasional pengusaha seluruh Indonesia.

“Untuk mendaftar dalam E-Katalog bisa langsung menghubungi DPMPTSP,” ajak Caroll.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon berharap Bimtek/Sosialisasi ini akan bermanfaat bagi kemajuan pelaku usaha dan UMKM di lima kecamatan di Kota Tomohon yang mengikuti kegiatan ini.

Hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tomohon Drs. ODS Mandagi, MAP dan Kepala DPMPTSP Kota Tomohon Anneke Maindoka, S.Sos MSi.(jou)