Barometer.co.id – Manado
Sebagai upaya untuk meningkatkan pemajuan kebudayaan dalam pengembangan destinasi pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVII Kemendikbudristek menggelar iven Karavan Budaya sebagai salah satu aksi nyata dalam mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang yang berada di daerah Kabupaten Minahasa Utara.

Di mana, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (20/07) di dalam Mall Manado Town Square (Mantos) ternyata mampu menyita perhatian serius banyak pengunjung. Iven berlangsung meriah dan mampu memberikan banyak informasi terkait potensi dan peluang DPSP Likupang. Apalagi dalam iven tersebut menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan diantaranya Asisten 1 Setdaprov Sulut Dr Denny Mangala MSi mewakili Gubernur,
Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Minut Drs Allan Mingkid mewakili Bupati Minut.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVII Sulut-Gorontalo Sri Sugiharta SS MPA mengatakan bahwa
tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, yaitu penetapan Likupang yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

“Kami mengambil peran untuk mendukung program ini melalui sektor kebudayaan dengan tujuan untuk mewarnai pariwisata kita dengan ruh kebudayaan, sekaligus untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan Minahasa dan Sulawesi Utara,” tukasnya sembari berharap penetapan Likupang sebagai salah satu DPSP di Indonesia ini, dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat sekaligus mengangkat kebudayaan Sulawesi Utara agar tetap eksis sebagai bagian dari kebudayaan nasional Indonesia.

Sementara itu, Ricky FS Rumagit SSos MHum selaku ketua panitia saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan bahwa sejumlah agenda kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini diantaranya talkshow dengan tema Mari Jo ka Likupang; Membangun Ekosistem Pemajuan Kebudayaan Guna Mendukung Likupang sebagai DPSP.

Di mana, tampil sebagai narasumber dalam talkshow tersebut Asisten 1 Setdaprov Sulut Dr Denny Mangala MSi mewakili Gubernur,
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Minut Drs Allan Mingkid mewakili Bupati Minut serta Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII Sulut-Gorontalo Sri Sugiharta SS MPA.

Selain talkshow, iven semakin meriah dengan hadirnya pentas seni budaya dan pameran di Mantos serta pertunjukan permainan tradisional dan kuliner tradisional di kompleks JG Center.(eau)