Barometer.co.id-Manado. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menargetkan sebanyak 320 ribu anak usia 0-7 tahun mendapatkan vaksinasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024.

“Imunisasi adalah hak anak untuk mendukung tumbuh kembang secara optimal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Debbie Kalalo, saat pencanangan PIN polio di Manado, Rabu.

Layanan vaksinasi polio di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu 23 sampai 29 Juli dan 6 sampai 12 Agustus 2024.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi polio di 15 kabupaten dan kota di Sulut telah dimulai sejak Selasa (22/7).

“Saat ini capaian vaksinasi polio di Sulawesi Utara telah menjangkau 39.078 anak,” ujarnya.

Dokter Debbie mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan kasus polio di wilayah tersebut, dan surveilans kasus lumpuh layu kasus polio berjalan dengan baik.

“Kita semua bertanggung jawab untuk memberikan imunisasi agar anak-anak kita terhindar dari penyakit menular termasuk penyakit polio yang mengancam mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan, Dinas Kesehatan menargetkan 100 persen anak harus mendapatkan imunisasi polio dan itu artinya tidak ada satupun anak di provinsi tersebut yang tidak mendapat vaksin polio.(ANTARA)