Barometer.co.id-Makassar. Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0 hari ini serentak dilaksanakan di 75 titik sekolah dasar di Indonesia pada Senin (26/8). Komunitas para Perwira Pertamina Peduli dibawah naungan Direktorat SDM & Corporate Secretary melaksanakan PEN 7.0 di SD Negeri Bayang yang memiliki 364 murid serta 16 guru dan staf.

Program ini merupakan salah satu program sosial tahunan yang melibatkan para perwira Pertamina di seluruh Indonesia untuk menjadi relawan atau tenaga pengajar di sekolah-sekolah dasar yang dituju. Terdapat kurang lebih 989 perwira Pertamina yang mengikuti program ini. Di Makassar tepatnya di SD Negeri Bayang terdapat 14 relawan Perwira Pertamina yang terjun langsung mengajar kepada 179 siswa/i di kelas 1 sampai 6 SD yang masuk pagi di sekolah tersebut.

Mengetahui audiens yang dihadapi adalah anak-anak sekolah dasar, tentunya para relawan dari Pertamina menyiapkan bahan ajar yang interaktif agar mudah diterima oleh siswa/i SD tersebut. Beberapa materi terkait Pertamina dikenalkan seperti produk-produk Pertamina yang mudah mereka temukan dalam keseharian mereka, proses bisnis Pertamina, serta core value BUMN yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang sangat berkaitan dengan interaksi sosial antar manusia.

Area Manager Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk menanamkan semangat berbagi ilmu dan budaya sukarelawan bagi para Perwira Pertamina. “Sesuai dengan semangat yang diusung PEN 7.0 tahun 2024 ini adalah Kami Tahu, Kami Bisa, Berbagi Pengetahuan, Cerdaskan Anak Negeri. Kami berharap Pertamina senantiasa memberikan energi positif untuk generasi penerus bangsa”, ujar Fahrougi.

Tak hanya mengajar, Pertamina juga memberikan bantuan berupa bingkisan dan konsumsi yang menarik untuk siswa/i SD serta bantuan dana untuk keperluan sarana dan fasilitas sekolah.

Kepala Sekolah SD Negeri Bayang, Bpk. Kadarisman, S.pd mengaku sangat senang menyambut kedatangan para relawan PEN 7.0 wilayah Makassar. “Kami sangat bersyukur atas kepedulian Pertamina hadir di sekolah kami, memotivasi, dan mengajar anak-anak kami. Semoga apa yang dilakukan hari ini terekam dalam ingatan mereka dan memotivasi mereka untuk menjadi seseorang di masa depan”, ujar Bpk Kadarisman

Ibrah yang akrab dipanggil Ibe, siswa kelas 1 SD Negeri Bayang menunjukkan antusiasnya menjawab setiap pertanyaan kuiz dari relawan dan sangat senang ketika ditanya mengenai kesannya diajar oleh relawan dari PEN 7.0. “Sangat senang, banyak hadiah,” ungkapnya semangat.

Informasi mengenai seluruh layanan, produk, dan program-program Pertamina Patra Niaga diakses melalui website pertaminapatraniaga.com, media sosial @ptpertaminapatraniaga, @pertaminasulawesi, @mypertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 untuk informasi lebih lanjut.(jou)