Barometer.co.id-Banda Aceh. Tim Bola Basket 5×5 Sulawesi Utara berhasil mengulangi hasil capaian di PON XX Papua 2021 usai memastikan tiket ke babak semifinal PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Keberhasilan tim yang dimanajeri Clay Dondokambey tersebut setelah pada partai ketiga, Kamis (05/09) di GOR Bola Basket Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, sukses menggilas Tim Sumatera Utara dengan skor telak 109-43. Hasil tersebut semakin memperkuat posisi tim besutan Roland Lengkong, Herry ‘Bongkeng’ Tumuwo, Jeremy Christiano Sumanti dan Reynold Manalip, di posisi puncak Grup B.

Mengawali pertandingan, Fernando Manangsang, Karl Patrick Utiarahman, Haezargreaves Tumuwo, Jason Tjio Sidabutar, Reinhard Titing, Sergyo Mangundap, Claudio Rarumangkey, Chsitian Tuwaidan, Toraya Pontuluran, Christ Sembel, Christyanto Machmoed, yang diturunkan secara bergantian, langsung tampil agresif. Kombinasi serangan yang dilakukan para pemain Sulut berbuah hasil dimana pada kuarter pertama Manangsang Cs sudah unggul 34-16.

Memasuki kuarter kedua, para pemain Sulut tetap menekan jantung pertahanan lawan hingga memasuki area jaring. Imbasnya, serangan-serangan anak-anak Sumut seringkali kandas sebelum memasuki garis pertahanan Sulut. Sebaliknya, permainan satu dua yang diperagakan para pemain Sulut membuat pertahanan lawan kocar kacir. Akhirnya dalam waktu bersih sepuluh menit, Sulut sudah unggul 67-24 di kuarter kedua.

Kendati telah unggul jauh, para pemain Sulut tetap bermain konsisten di kuarter ketiga. Rotasi pemain yang diatur secara apik oleh tim pelatih membuat permainan Sulut ritme permainan tetap terjaga. Sebaliknya Sumut yang semakin tertekan dengan serangan yang dibangun pemain Sulut semakin sulit untuk menambah poin. Kuarter ketiga Sulut tetap unggul jauh dengan dkot 89-31.

Di kuarter terakhir, meski sudah jauh memimpin, tapi anak-anak Sulut tetap tidak mengendorkan serangan. Haerzargreaves Tumuwo yang mendapat kesempatan bermain lebih banyak, tampil sangat impresif di akhir-akhir pertandingan. Meski sempat terjatuh ke luar lapangan, tapi putra pelatih Herry Bongkeng Tumuwo itu tampak prima hingga akhir pertandingan yang dimenangkan Sulut dengan skor 109-43.

Pertandingan terakhir Sulut melawan tuan rumah Aceh tampaknya sudah tidak akan mempengaruhi posisi Sulut di puncak klasemen grup B. Sebab, pada partai lainnya, dua tim kuat yang sudah dikalahkan Sulut yakni Jawa Barat dan Bangka Belitung akan saling berhadapan untuk memperebutkan satu tiket ke babak semifinal.

Usai pertandingan, Pelatih Roland Lengkong dan Herry Bongkeng Tumuwo memberikan apresiasi terhadap perjuangan para pemain di lapangan. Kendati demikian, keduanya tetap memotivasi para pemainnya agar tetap konsisten dalam menghadapi partai terakhir melawan tuan rumah Aceh. Artinya, walaupun sudah pasti menjadi juara grup B, Sulut harus tetap bermain konsisten pada partai terakhir melawan tuan rumah Aceh, Sabtu 7 September 2024.(dni)