Barometer.co.id-Manado. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah meluncurkan QR Code untuk mobil tangki Agen BBM industri, program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan pemangku kepentingan mengenali mobil tangki agen BBM industri resmi Pertamina dengan mobil tangki pengangkut BBM yang bukan afiliasi Pertamina dengan mengidentifikasi data mobil tangki yang diperoleh dari kode unik (QR Code) yang tertera di badan mobil tangki sehingga dengan adanya inovasi ini konsumen lebih mudah mengenalinya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan bahwa program ini telah diluncurkan pertama kali di Gorontalo dan kemudian penerapannya menyusul di propinsi lain, “Kami telah luncurkan QR Code untuk Mobil Tangki Agen BBM Industri sebelumnya di Gorontalo dan saat ini di Sulawesi Utara telah terpasang seluruhnya sebanyak 36 Mobil Tangki, ini akan mempermudah pengenalan identitasnya,“ ucapnya.

Fahrougi menambahkan bahwa QR Code yang diletakan di bagian belakang badan mobil tangki dan pintu samping pengendara mobil tangki ini sebagai identitas atau jaminan mutu bahwa BBM yang diangkut adalah BBM industri tersebut resmi dibeli dari depot Pertamina ataupun agen BBM industri yang terafiliasi dengan Pertamina.

Secara detail Fahrougi menjelaskan penggunaan QR Code, “Cara mengecek mobil tangki sangat mudah yaitu dengan scan QR nya, para pemangku kepentingan dapat mengunduh aplikasi pemindai QR di playstore android ataupun appstore ios, kemudian melakukan scan QR. Pemindai QR Code perlu memasukan nama dan nomor whatsapp yang keluar setelah pemindaian dilakukan yang mana gunanya adalah untuk mendapatkan kata sandi satu kali pakai atau one time password (OTP) yang dikirim oleh sistem,” jelasnya.

Setelah dilakukan pemindaian maka akan mendapatkan informasi yang dikirim ke nomor whatsapp tadi seperti nama agen, status, penanggung jawab, alamat agen, masa berlaku pengangkutan BBM industri, nomor polisi, dan identitas kendaraan lainnya.

Jadi masyarakat dapat mengecek juga QR Code tersebut sehingga dapat diketahui apakah Mobil Tangki yang umumnya berwarna putih biru tersebut terafiliasi dengan Pertamina atau tidak. Diketahui bahwa Truk Tangki yang terafiliasi Pertamina melayani pembelian BBM seperti Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex untuk bahan bakar mesin diesel, yang mana harga dari BBM tersebut merupakan harga nonsubsidi.

Selain itu, Pertamina juga berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Aparat Penegak Hukum terkait penertiban terhadap badan usaha yang tidak membayar Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Penertiban ini diperlukan untuk memastikan bahwa seluruh pelaku usaha yang terlibat dalam transaksi BBM di Sulawesi Utara mematuhi peraturan dan beroperasi secara sah.

Jika masyarakat menemukan dan mencurigai adanya praktik – praktik kecurangan di lapangan, dapat melaporkan kepada aparat yang berwenang atau melaporkan ke Pertamina Call Center 135.(jou)