Barometer.co.id-Manado. Sekitar 100 ibu dan anak terlihat antusias memanfaatkan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan gizi, tumbuh kembang anak, serta edukasi nutrisi pentingnya zat besi bagi anak yang bertempat di halaman toko Alfamart Walewangko Kecamatan Langowan Barat Minahasa Rabu, (16/10/2024).

Kegiatan “Alfamart Sahabat Generasi Maju” ini merupakan program yang bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak serta memberikan edukasi kepada para orang tua tentang pentingnya gizi seimbang, khususnya terkait pentingnya pemenuhan zat besi optimal untuk dukung generasi maju. Program ini akan berjalan di 80 titik lokasi di 34 kota/kabupaten selama periode Oktober sampai Desember 2024. Dengan target anak dan ibu penerima manfaat mencapai 10.000 orang.

Selama kegiatan berlangsung, para anak dengan didampingi orang tuanya mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara lengkap, seperti pengukuran tinggi badan, timbang berat badan, pemberian vitamin tambahan, hingga pengecekan resiko kekurangan zat besi untuk anak.

“Alfamart menyadari, bahwa pemenuhan gizi anak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selain itu, peran orang tua juga menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk bisa memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan nutrisi yang cukup,” jelas Corporate Communication General Manager Alfamart, Rani Wijaya.

Kegiatan ini dibagi ke dalam dua sesi, dimana sesi pertama fokus pada pemeriksaan kesehatan untuk anak dan sesi kedua fokus pada pemberian edukasi pentingnya nutrisi dan zat besi bagi tumbuh kembang anak oleh ahlinya kepada para orang tua.

“Alfamart ingin memberikan kontribusi lebih dalam upaya mencegah angka stunting pada anak. Melalui kegiatan ini, dapat memberikan bekal pengetahuan bagi para orang tua untuk dapat meningkatkan kualitas gizi pada anak,” tambah Rani.

Kegiatan ini antusias diikuti oleh para peserta. Mereka mengikuti materi edukasi yang diberikan oleh ahlinya. Selain itu, mereka juga mendapatkan voucher potongan belanja Alfamart.

Sementara itu, Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, mewakili PT Sarihusada Generasi Mahadika menjelaskan pentingnya pemenuhan zat gizi dan zat besi pada masa pertumbuhan anak.

“Selama 70 tahun, SGM Eksplor terus berkomitmen untuk dukung generasi maju melalui penyediaan produk nutrisi berkualitas serta edukasi kepada jutaan orang tua di Indonesia. Saat ini zat besi masih sering dianggap nutrisi biasa untuk anak, padahal berdasarkan penelitian terbaru zat besi adalah mikronutrien penting untuk perkembangan daya pikir si Kecil, seperti daya ingat dan berpikir cepat,” jelasnya.

“Pada penelitian lain terbukti bahwa pemberian minimal 2 gelas SGM Eksplor perhari bantu optimalkan kebutuhan zat besi harian anak berusia 1 hingga 3 tahun. Hal ini karena SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC(TM), kombinasi unik zat besi dan vitamin c untuk bantu penyerapan zat besi hingga 2 kali lipat. Berbekal penelitian ini, kami percaya kolaborasi dengan Alfamart dapat bantu meningkatkan kesehatan anak Indonesia.” pungkasnya.

Tasya Rorong (30) salah satu peserta mengaku mendapat pengetahuan lebih tentang pemenuhan gizi anak setelah mengikuti kegiatan tersebut. “Sangat bermanfaat untuk saya. Saya jadi lebih menyadari untuk memberikan kualitas gizi yang seimbang untuk pertumbuhan anak saya,” ungkapnya.

Senada, hal yang sama juga dituturkan Gladis Supit (28) ia mengaku mendapat banyak ilmu baru tentang pemenuhan gizi anak. “Saya mendapat banyak informasi tentang cara memenuhi gizi anak, mulai dari pemenuhan zat besi, vitamin, serta cara merawat anak agar tumbuh sehat,” pungkasnya.(jou)