Barometer.co.id-Manado. Aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile kini semakin lengkap dan mudah digunakan. Melalui JMO, peserta dapat mengakses seluruh layanan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), termasuk klaim layanan seluruh program yang diikuti.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Kausariah Sudirman mengatakan, JMO menjadi one stop solution, dimana peserta dapat mengakses segala layanan BPJS Ketenagakerjaan. “JMO mendekatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta karena dapat diakses anytime, anywhere. Pemanfaatan teknologi membuat layanan sameday service dapat dilakukan melalui JMO,” kata Kausariah.

JMO menurut Kausariah menjadi akses ke ekosistem digital. JMO memiliki fitur Wallet, yakni kemudahan semua transaksi digital menggunakan wallet, multi-biller system dan modern channel lainnya. Peserta dapat menggunakan JMO untuk mengakses semua program BPJamsostek, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Termasuk melakuan klaim program BPJamsostek.

“Peserta yang ingin mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah melalui program Manfaat Layanan Tambahan atau MLT bisa melalui JMO. Begitu juga dengan peserta yang kehilangan pekerjaan, dapat mendapatkan manfaat tunai, akses pasar kerja dan manfaat lainnya melalui JMO,” jelas Kausariah.

JMO menurut Kausariah menggunakan teknologi eKYC, yaitu face recognition untuk memastikan wajah tersebut adalah milik peserta. Kemudian teknologi Livenes Detection memastikan bahwa swafoto dilakukan langsung oleh peserta. “eKYC dilakukan secara cepat dan akurat serta tanpa ada penurunan kemampuan saat load meningkat,” katanya.

Aplikasi JMO saat ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta peserta dan tersebar di seluruh Indonesia.(jou)