Barometer.co.id-Manado. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara, guna membahas kesiapan pasokan energi jelang perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Langkah ini merupakan upaya koordinasi dan penguatan sinergi untuk memastikan ketersediaan serta kelancaran distribusi BBM dan LPG dalam rangka mendukung masyarakat merayakan hari besar keagamaan dan pergantian tahun dengan aman, nyaman, dan lancar.
Dalam kesempatan tersebut, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fanda Chrismianto, menegaskan bahwa perusahaan telah mempersiapkan langkah antisipatif untuk menghadapi periode puncak konsumsi.
“Pertamina Patra Niaga telah meningkatkan stok BBM dan LPG, mengoptimalkan infrastruktur penyaluran, serta menyiapkan armada distribusi dan personel di lapangan. Selain itu, kami memanfaatkan teknologi digital untuk memantau ketersediaan dan distribusi secara real-time, sehingga mampu merespon cepat jika terjadi kendala,” ungkap Fanda.
Fanda juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan pemerintah daerah sangat penting untuk menjamin keberlangsungan distribusi. “Kami berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah, termasuk dinas terkait, agar distribusi energi dapat berjalan tanpa hambatan. Kami memahami bahwa periode Natal dan Tahun Baru adalah waktu yang sangat krusial, sehingga seluruh tim kami akan bekerja maksimal untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik,” tambahnya.
Sebagai bagian dari upaya memastikan penyaluran energi subsidi seperti Pertalite dan LPG 3 kg tepat sasaran, Pertamina mengajak pemerintah daerah dan pihak terkait untuk bersama-sama melakukan pengawasan secara lebih optimal. “Kami juga meminta dukungan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan untuk memastikan subsidi energi dapat dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar berhak. Dukungan ini penting agar subsidi yang diberikan pemerintah benar-benar dinikmati oleh masyarakat yang berhak, sehingga dapat mengurangi potensi penyimpangan di lapangan,” ujar Fanda.
Selain itu, Fanda menjelaskan bahwa kesiapan Pertamina Patra Niaga juga didukung oleh empat layanan utama Pertamina, untuk memastikan masyarakat dapat menikmati energi secara maksimal selama periode Natal dan Tahun Baru diantaranya Layanan Energi, yaitu layanan siaga BBM dan LPG yang beroperasi 24 jam melalui posko siaga, distribusi energi ke SPBU, serta pengawasan pasokan untuk menjamin kebutuhan energi terpenuhi dengan baik di seluruh wilayah.
Selanjutnya adalah Layanan Remote Area yaitu penyediaan distribusi energi ke wilayah terpencil melalui armada khusus dan kerjasama dengan agen setempat, memastikan daerah-daerah yang sulit dijangkau tetap mendapatkan akses energi selama masa liburan. Kemudian Layanan Promosi yaitu penyediaan program promo menarik dan penawaran khusus untuk produk Pertamina, seperti Pertamax series dan LPG non-subsidi, guna memberikan manfaat tambahan bagi masyarakat yang membutuhkan energi berkualitas dengan harga terjangkau.
Dan terakhir adalah Layanan Tambahan seperti fasilitas seperti Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pengantaran BBM dan LPG ke lokasi pelanggan, serta kemudahan transaksi melalui aplikasi MyPertamina untuk memastikan kenyamanan dan efisiensi masyarakat dalam mendapatkan energi.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Steve Hartke Andries Kepel, ST., M.Si,, menyampaikan apresiasi atas komitmen Pertamina Patra Niaga dalam menjaga kestabilan pasokan energi. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendukung penuh langkah proaktif yang dilakukan Pertamina Patra Niaga. Kami berharap sinergi yang baik antara Pertamina dengan seluruh pemangku kepentingan dapat meminimalkan potensi gangguan, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas maupun perayaan Natal dan Tahun Baru dengan tenang,” ujarnya.
Sebagai bentuk penguatan koordinasi, Pertamina Patra Niaga juga bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara untuk memantau ketersediaan energi di wilayah tersebut.
Terakhir Fanda menghimbau agar masyarakat menggunakan BBM secara bijak, “Kami menghimbau agar masyarakat menggunakan BBM dan LPG secara bijak serta menghindari pembelian berlebihan dan membeli di lembaga resmi Pertamina. Kami berkomitmen untuk memastikan kelancaran distribusi energi selama periode Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya.
Informasi mengenai seluruh layanan Pertamina dan produk Pertamina dapat diakses melalui website mypertamina.id, media sosial @pertaminasulawesi, dan @mypertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 untuk informasi lebih lanjut.(jou)