Barometer.co.id-Banda Aceh. Kontingen Sulawesi Utara yang berkiprah di PON XXI/Aceh-Sumut berpeluang untuk menerobos posisi 15 Klasemen Akhir Perolehan Medali.

Pasalnya dua hari menjelang penutupan PON di Sumatera Utara, Jumat 20 September 2024, Kontingen Sulut yang berkekuatan 198 Atlet, 56 Pelatih dan 40 Ofisial dari 34 Cabang Olahraga, kini telah bercokol di posisi ke-20 dengan perolehan 4 emas, 7 perak dan 13 perunggu.

Hingga Rabu 18 September 2024, posisi Ke-15 Klasemen diduduki Kontingen Sulawesi Selatan dengan perolehan 9 Emas, 16 Perak 22 Perunggu, sementara di posisi ke-16 ditempati NTB dengan raihan 7 Emas, 8 Perak 12 Perunggu.

Jika melihat posisi tersebut, peluang Kontingen Sulut sangat besar untuk menerobos hingga peringkat 15. Sebab, ada sejumlah cabang olahraga yang masih menyisakan peluang medali emas. Contoh Cabor Tinju yang saat ini memiliki kans untuk meloloskan 5 finalis untuk mempebutkan medali emas.

Selain itu, Cabor Gateball sudah mendapatkan dua tiket ke babak final. Peluang juga masih terbuka karena ada dua nomor cabor Gateball yang akan dipertandingkan. Kemudian ada Cabor Kick Boxing yang telah meloloskan 3 atlet ke babak semifinal.

Cabor Bridge juga berpeluang mempersembahkan medali emas setelah sukses meraih tiket ke babak final nomor beregu putra. Cabor Sambo juga punya kans menambah pundi-pundi emas Sulut karena masih ada tiga atlet yang akan bertanding.

Cabor Kempo yang masih menyisakan dua kenshi juga berpeluang untuk menyumbangkan medali perunggu, perak bahkan emas. Sementara cabor biliard yang juga sedang berjibaku di nomor pool 9 ball, punya kans dalam menambah pundi-pundi medali Sulut.

Juga tidak mengurangi peluang menyumbangkan medali adalah cabor selam laut. Sebab masih ada tiga nomor yang akan diselesaikan oleh atlet atlet Sulut pasca ditunda akibat badai dilokasi venue Dermaga Angkatan Laut Kota Sabang, Selasa (17/09).

Cabor Terjun Payung yang masih menyisakan Pingkan Natalia Mandagi di nomor final ketepatan mendarat perorangan putri, juga berpotensi menjadi penyumbang medali bagi Kontingen Sulut yang mendapat support penuh dari Ketua Umum KONI Sulut, Drs Steven Kandouw.

Selain itu, meski sulit diprediksi, Cabor E-Sport nomor Lokapala juga punya kans dalam upaya untuk mendongkrak posisi Kontingen Sulut dalam perburuan peringkat Klasemen medali. Di Cabor Arung Jeram yang juga masih tersisa dua nomor pertandingan juga punya kesempatan untuk mendongkrak posisi Kontingen Sulut.

Peluang untuk bersaing sebagai penyumbang medali ada juga di Cabor Bola Basket 3×3. Sukses meraih tiket semifinal tentunya akan menjadi motivasi bagi tim besutan Octavianus Sanda guna menebus kegagalan Tim 5×5 mempertahankan medali perak yang diukir di PON Papua 2021 lalu.

Saat ini di Wilayah Aceh, Cabor yang masih tengah berburu medali adalah Bola Basket 3×3, Kempo, Bridge, Arung Jeram, Selam Laut dan Terjun Payung. Sementara di Wilayah Sumatera Utara masih ada Cabor Tinju, Sambo, Biliard, E-Sport, Kick Boxing, Grass Track, Balap Motor, Ski Air dan Golf.

Seperti diketahui, untuk sementara Kontingen Sulut telah mengoleksi 4 medali emas masing masing 3 keping dari Hapkido dan 1 dari Muaythai. Sementara tujuh medali perak disumbangkan Cabor Hapkido 2 Keping, Muaythai 1, Taekwondo 1, Balap Sepeda 1, Sambo 1, Soft Tenis 1.

Selanjutnya 13 medali perunggu berasal dari Cabor Muaythai 4 keping, Wushu 1, Atletik 1, Selam Laut 1, Arung Jeram 1, Soft Tenis 1, Karate 1, Dayung 1, Pencak Silat 1 dan Dayung 1.(denny)