Barometer.co.id – Amurang
Menjawab tantangan kedepan terhadap produk kelapa yang menjadi andalan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Menuju dijadikannya sebagai daerah industri kelapa, pekan lalu dibuka pelatihan keterampilan (Vocational) bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Bupati Petra Yani Rembang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Amurang.

Dalam sambutannya Wabup meminta hasil pelatihan ini dapat dièmplamensikan di Minsel. Sehingga nantinya dapat menjawab permasalahan yang ada terkait komoditi kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan. 

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan tentu sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, dan sekaligus memberi apresiasi sebesar besarnya kepada Kementrian Koperasi dan UMKM,” ujar Rembang.

Wabup Rembang berharap, melalui kegiatan ini dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dalam rangka mendukung optimalisasi operasional vectorisering yang sedang di bangun di Minahasa Selatan. 

“Kami tentunya turut berbangga, dimana Kabupaten Minahasa Selatan terpilih sebagai salah satu dari lima daerah di Indonesia yang menjadi lokasi Rumah Produksi Vectorisering untuk pengembangan sektor UKM berbasis produk unggulan daerah, potensi eksport komoditas kelapa,” tukas Wabup. 

Dijelaskannya, melalui Pelatihan keterampilan bagi pelaku UMKM bidang pengolahan komoditi kelapa yang diprakarsai langsung oleh Kementrian Koperasi dan UMKM RI bersama Dinas Koperasi dan UMKM di Minsel, diharapkan dapat membuka sekaligus menciptakan peluang dan keuntungan bagi masyarakat petani kelapa. 

Saat ini sebagaimana diketahui terjadi krisis minyak goreng secara nasional, termasuk Minsel. Selain sulit ditemui, juga harga melambung tinggi hampir dua kali lipat. Seharusnya ini menjadi peluang menghidupkan produksi minyak kelapa. Selain lebih murah juga sehat dan memberi nilai tambah.

Sebagaimana diketahui. Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementrian Koperasi dan UMKM,nyang diwakili Eti Sumanis, SE, MM, Fungsional Ahli Madya Ritayanti, SE, DR. Ir Dedy Tooy, PhD, DR. Tommy Lolowang M,Si, DR Tineke Langi, M,Si.(jim)