Barometer.co.id-Tanawangko-Lewat proses pemilihan serentak di 98 Desa yang tersebar Kabupaten Minahasa, Selasa 31 Mei 2022, George ‘Tosh’ Palandi akhirnya terpilih sebagai Hukum Tua yang baru di Desa Sarani Matani Tanawangko Kecamatan Tombariri.

Pelaksanaan proses pemilihan yang mampu menyita perhatian dari seluruh warga Desa Sarani Matani baik yang berdomisili di desa maupun di perantauan, berlangsung penuh dinamika sejak dua calon masing-masing George Palandi dengan nomor urut satu dan Tonny Jull Kalalo di nomor urut dua.

Hukum Tua Desa Sarani Matani terpilih bersama isteri dan para pendukungnya.

Para pendukung kedua kontestan sejak proses sosialisasi kampanye hingga pemilihan terus mengawal calon pilihannya dengan mendirikan posko posko sebagai dapur umum. Bahkan, sejumlah intrik intrik sempat terjadi dalam penantian pencoblosan hingga perhitungan suara.

Namun karena kedewasaan para pemilih termasuk tim sukses dari kedua calon akhirnya proses pemilihan hingga terpilihnya George Palandi berjalan sesuai harapan. “Kami sangat berterima kasih kepada para pendukung Hukum Tua terpilih Tosh Palandi yang sangat dewasa dalam menyikapi hasil kemenangan,” kata Ferdinand ‘Inang’ Supit sebagai juru kampanye.

Senada juga diungkapkan sejumlah tokoh dibalik suksesnya Tosh Palandi seperti Cheppy Lolowang, Heintje Tiwow, Vanny Rumintjap, Johanis Tindangen, Bob Pangalila, Efendi Nelwan, Ferry Posumah serta Alexander Ansow. “Puji Tuhan akhirnya perjuangan kami tidak sia sia,” jelas mereka.

Sementara itu, Hukum Tua terpilih, George ‘Tosh’ Palandi tak henti hentinya menyatakan rasa syukur atas hasil capaian dalam proses demokrasi Pemilihan Hukum Tua Desa Sarani Matani. Ia kemudian berjanji akan berupaya menjalani pemerintah ke depan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat.

“Saya tidak muluk-muluk ketika nantinya memulai tugas sebagai Hukum Tua. Tapi setidaknya sudah ada sejumlah program yang saya siapkan untuk memperbaiki apa yang perlu diperbaiki demi kesejahteraan masyarakat desa Sarani Matani yang sangat saya cintai,” tutur suami tercinta dari Feybi Gala tersebut.

Seperti diketahui dalam perhitungan akhir Pemilihan Hukum Tua Desa Sarani Matani yang diikuti 949 pemilih, George ‘Tosh’ Palandi memperoleh total suara dari dua TPS sebanyak 527. Sementara Tonny Jull Kalalo mendapatkan jumlah suara 437 suara dimana lima suara dinyatakan rusak.(hja)