Barometer.co.id – Airmadidi

Selama lebih kurang 8 bulan, tim penerima hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemendikbudristek tahun 2022 yang terdiri dari para Dosen Pengajar Unika De La Salle Manado telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kaweruan, Likupang Selatan, Kabupaten Minahasa Utara.

Tim ini dipimpin oleh Ketua Ryan L Singgeta ST MSc dan anggota Ignatia R Honandar SE MSc berkolaborasi dengan Dosen Pengajar dari Unsrat Pinrolinvic D K Manembu ST MT bersama mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Unika De La Salle Manado.

Menurut Ketua Tim Ryan L Singgeta ST MSc,
sasaran kegiatan pada program ini adalah Kelompok Budidaya Ikan Desa Kaweruan yang merupakan mitra program ini.

“Selama ini beberapa kegiatan pelatihan dan pendampingan telah kami dilaksanakan diantaranya pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan dan cara mengatur arus kas masuk dan kas keluar,” tukas Singgeta, Rabu (09/11), sembari menambahkan bahwa Selain itu diadakan juga pelatihan dan pendampingan mengenai metode pembudidayaan ikan mujair yang baik dan benar.

Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan pelatihan mengenai pengoperasian alat dispenser pakan otomatis pada tanggal 4 November 2022.

Kata Singgeta, alat pemberi pakan ikan otomatis berbasis internet of things yang dirancang oleh tim telah berhasil dan disaksikan langsung oleh hukum tua setempat bersama dengan kelompok budidaya ikan Desa Kaweruan.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa ke arah  yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam demo, alat tersebut dapat berjalan sesuai harapan, di mana jumlah pakan dan jadwal pemberian pakan dapat diatur dan dikendalikan langsung lewat platform/aplikasi smartphone yang telah dibuat. 

“Selain itu, melalui aplikasi tersebut kita dapat memonitoring jumlah pakan yang diberikan dan dapat mengetahui suhu dan kelembaban secara DARI jarak jauh selama alat tersebut dapat terkoneksi dengan internet,” tukasnya.

Kegiatan pengabdian ini kemudian ditutup dengan penyerahan alat oleh Ketua Tim PKM kepada Ketua Kelompok Budidaya Ikan Desa Kaweruan Hendra Weku.(eau)