oleh

Kadis Tumiwa Minta Guru-guru MGMP Berikan yang Terbaik untuk Peserta Didik

Barometer.co.id – Manado

Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado Steven Tumiwa SPd MPd didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Grace Sondakh SPd MPd membuka kegiatan Pengembangan Karir Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kota Manado Tahun 2023 Juni/Juli 2023. Bidang Pembinaan SMP, bertempat di Ruang “Bakumpul” Dinas Dikbud Kota Manado, Selasa (20/06).

Kegiatan ini mulai dari tanggal 20 Juni sampai dengan tanggal 25 Juli 2023, diikuti Guru Mata Pelajaran yang ada di SMP Kota Manado, terdiri 11 Mata Pelajaran yaitu, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Informatika/TIK, Pendidikan Agama, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Kewarganegaraan, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya.

Kadis dalam sambutannya mengatakan bahwa guru MGMP harus memberikan yang terbaik untuk peserta didik.

“Karena maju tidaknya sekolah sangat ditentukan oleh kepala sekolah dan guru,” ungkapnya.

Lanjut kata Kadis, dengan adanya MGMP ini para guru dapat bermusyawarah dan memikirkan pembelajaran yang terbaik untuk para peserta didik, agar dapat melahirkan peserta didik yang hebat, cerdas dan berprestasi.

“Guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” ungkap kadis.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Grace Sondakh SPd MPd menyampaikan guru menjadi sektor yang sentral, karena guru juga dituntut untuk benar-benar berkompeten.

“Tujuan diadakan MGMP adalah untuk mengembangkan mutu guru. Sehingga, guru akan menguasai kualitasnya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Natalia Ch Takalao MTh dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan secara umum dari kegiatan ini agar guru mampu menyelesaikan tantangan sehari-hari sebagai seorang leader atau pemimpin dalam pembelajarannya pada mata pelajaran masing-masing di satuan pendidikan.

“Khususnya dalam pelaksanaan komunitas belajar di satuan pendidikan,” ujarnya.

Diketahui, yang menjadi narasumber dalam kegiatan MGMP ini Plt Kadis Dinas Dikbud Kota Manado Steven Tumiwa SPd MPd, Kabid Pembinaan SMP Grace Hellen Rose Sondakh SPd MPd, Dekan Fakultas Matematika Universitas Sam Ratulangi Manado tahun 2014-2022 dan saat ini menjabat sebagai Kepala Kearsipan Unsrat Prof Dr Benny Pinontoan MSc, BPMP Provinsi Sulut, Ketua/Pengurus MGMP Kota Manado, Balai Bahasa Provinsi Sulut, Unsur Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dari Pihak Google Indonesia Perwakilan Sulut, Para Pengawas SMP Kota Manado, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado.(eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *