Barometer.co.id-Tondano. PT. PLN Nusantara Power (NP) UPDK Minahasa menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Manager PT. PLN Nusantara Power (NP) UPDK Minahasa Andreas Arthur.

Adapun yang menjadi Komandan Upacara yakni Assistant Manager bidang Keuangan Kesekertariatan dan Umum, Witnes Makasidamo.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Pada kesempatan tersebut, Andreas menyampaikan amanat Direktur Utama PLN. “Hari Ini Indonesia Hebat. Dimana hari ini kita melihat Indonesia sebagai negara yang sangat kokoh. Yang tidak pernah jatuh, walau ditempa goncangan apapun. Hari ini, Indonesia adalah bangsa yang besar. Yang tidak akan goyah dengan tantangan sebesar apapun,” ujarnya.

“Hari ini, Indonesia adalah kekuatan hebat, di tengah-tengah dunia. Yang tidak pernah berhenti bangkit, melangkah maju ke depan, menjadi bangsa dan negara yang semakin digdaya,” kata Andreas.

“Indonesia hari ini dapat mencapai titik ini karena Indonesia punya dasar yang sangat kuat. Yang dibangun oleh founding fathers kita yang sangat luar biasa.

Yaitu Pancasila Dasar negara Indonesia yang dirumuskan 78 tahun yang lalu. Sebagai bentuk gagasan dari Bung Karno. Yang diusung oleh seluruh founding fathers dari Sabang sampai Merauke,” tegas Andreas.

Ia mengatakan, Pancasila Sebagai wujud dari ideologi bangsa. Menjadi pandangan hidup dan sumber kekuatan kita. Sebagai landasan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 dan setiap perumusan kebijakan negara. Sebagai pedoman tertinggi dalam setiap langkah bangsa ini mengambil keputusan apapun atas nama Indonesia.

 Sebagai pemersatu keberagaman bangsa. Suku, agama, golongan dalam satu kerukunan dan semangat kebersamaan.

Sebagai panduan pembangunan bangsa. Memperjuangkan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial, dan kemajuan bangsa.

“Dan inilah jati diri bangsa. Yang membedakan kita dari bangsa-bangsa lain. Yang menjadi identitas dan martabat kita di tengah berbagai negara di dunia,” ujarnya. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 melibatkan lebih dari 500 orang yang tersebar di seluruh unit yang tergabung dalam PLN NP UPDK Minahasa, dan terdiri dari pasukan pengibar bendera, peserta upacara, persatuan ibu karyawan/ti (PIKK), tenaga alih daya, petugas dan panitia upacara serta tamu undangan.(jm)