Ekonomi Sulut Tumbuh 6,28 Persen pada Tw I/2023, Belanja Pemerintah Jadi Pendorong Utama

Barometer.co.id-Manado. Ekonomi Sulawesi Utara pada triwulan (Tw) II tahun 2023 tumbuh jauh di atas nasional, yakni 6,28 persen (yoy). Pertumbuhan yang tinggi ini terutama didorong oleh belanja pemerintah, belanja modal, pergerakan penumpang serta menggeliatnya industri pengolahan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara, Asim Saputra menjelaskan, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib yang tumbuh 16,54 persen.

Lapangan usaha lain yang mendorong pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2023 ini adalah Transportasi dan Pergudangan (13,08 persen). Jasa Pendidikan pada triwulan II tahun 2023 juga melanjutkan trend pertumbuhan yang tinggi, yakni mencapai 13,06 persen.

“Realisasi belanja pemerintah mengalami peningkatan yang signifikan pada triwulan ini dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun lalu karena adanya pembayaran gaji ke-13 dan ke 14, Tunjangan Hari Raya (THR), serta Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk ASN,” jelas Asim saat menyampaikan berita resmi statistik, Senin (07/08/23).

Selain itu menurutnya, belanja modal juga meningkat ditandai dengan banyaknya realisasi proyek-proyek strategis yang dilakukan, baik yang didanai oleh APBN maupun APBD.

Sementara pertumbuhan lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan ditopang oleh tingginya pergerakan penumpang transportasi umum, baik angkutan darat, laut, dan udara, sejalan dengan adanya cuti bersama hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Paskah, dan libur sekolah.

Sedangkan pertumbuhan positif pada lapangan usaha Jasa Pendidikan didorong oleh adanya momen kenaikan kelas dan kelulusan siswa. Selain itu, telah dibukanya pendaftaran murid dan mahasiswa baru untuk semua jenjang pendidikan dari TK hingga Universitas juga mendorong pertumbuhan lapangan usaha ini.

Lapangan usaha lainnya yang juga tumbuh tinggi dua digit yaitu Jasa Lainnya dan Industri Pengolahan, masing-masing tumbuh 13,03 persen dan 11,33 persen. Industri pengolahan bahkan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi ekonomi Sulawesi Utara pada triwulan II tahun 2023 yakni sebesar 1,15 persen baru kemudian diikuti oleh Administrasi pemerintahan 1,14 persen dan Transportasi dan Pergudangan 1,08 persen.

Sementara Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan yang pada struktur perekonomian Sulut masih terbesar, tumbuh 5,02 persen. Sektor ini pun memberi andil 0,99 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Sulut pada Triwulan II tahun 2023 ini.(jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *