PLN NP UPDK Minahasa Serahkan TJSL Penerangan Jalan Umum di Tonsealama

Barometer.co.id-Tonsealama. Merespon permintaan masyarakat, PLN Nusantara Power UPDK Minahasa telah memasang lampu jalan di Desa Tonsealama, Kabupaten Minahasa. Secara resmi, bantuan penerangan jalan umum desa ini diresmikan pada Kamis (31/08) malam di rest area gua Jepang Tonsealama.

Peresmian penerangan jalan umum ini dilakukan oleh Manager PLN Nusantara Power UPDK Minahasa Andreas Arthur, Dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Mutakbir, Kabag SDA Lexy Korengkeng yang mewakili Sekda Minahasa, Kapolsek Toulimambot, Ipda Rivi Tawalujan, Camat Tondano Utara Thelma Torar, Hukum Tua Tonsea Lama, Estefanus Dimpudus dan Manajer ULP Tondano Perwakilan Spv Teknik Hesky Mamitoho.

Jalan Tonsealama yang kini sudah terang saat malam hari.

Andreas mengatakan, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diberikan oleh PLN Nusantara Power UPDK Minahasa untuk mendukung program pemerintah dalam Sustainable Developments Goals atau SDGS, khususnya pada poin tujuh yaitu affordable and clean energy serta poin 11 Sustainability cities and communities.

Jalan Tonsealama yang gelap sebelum ada penerangan jalan umum.

“Pada poin tujuh, suplai listrik yang kami berikan untuk penerangan jalan umum di Desa Tonsealama ini berasal dari Energi Baru Terbarukan atau EBT. Sumbernya berasal dari PLTMH yang sudah lama tidur. Material bekas kita rakit kembali, uji dan akhirnya berhasil sehingga dapat digunakan untuk penerangan jalan umum di Desa Tonsealama ini. PLTMH ini mampu menghasilkan daya sebesar 40 kVa,” jelas Andreas.

Sementara pada poin 11 menurut Andreas pengadaan penerangan jalan umum ini diharapkan akan mendorong perekonomian di sekitar Tonsealama, terutama akses jalan antarkabupaten, yakni Minahasa Utara dan Minahasa. Selain itu beberapa ikon wisata di Tonsealama juga diharapkan dapat berkembang dengan adanya infrastruktur listrik dan penerangan jalan umum ini,” ujarnya.

Andreas mengataka program TJSL ini tidak akan berhenti di sini, tetapi akan berkelanjutan. Pihaknya akan melihat lagi program yang berkaitan dengan penerangan jalan umum yang dapat berkontrbusi terhadap perekonomian.

Pengadaan penerangan jalan umum yang diberikan oleh PLN Nusantara Power UPDK Minahasa ini mendapat apresiasi dari pemerintah setempat. “Kami menyampaikan terima kasih kepada PLN Nusantara Power yang telah memberi perhatian berkatian dengan penerangan, karena lokasi ini dekat dengan PLTA, tetapi ada spot-spot tertentu yang gelap gulita. Dan dengan adanya penerangan jalan umum ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Camat Tondano Utara, Thelma Torar.

Hukum Tua Tonsealama, Estefanus Dimpudus juga menyampaikan terima kasih atas pengadaan penerangan jalan umum ini.

“Kami berterima kasih kepada PLN yang lewat koordinasi dengan pak Andreas telah memasang penerangan jalan umum di Desa Tonsealama. Sebelumnya, pemerintah desa memang sudah beberapa kali menyampaikan kepada PLN agar bisa memasang penerangan jalan umum di sini,” katanya.

Adanya penerangan jalan umum ini menurut Dimpudus diharapkan bisa membeikan multiplier efek bagi masyarat Desa Tonsealama dan Kota Tondano. Sebab Desa Tonsealama merupakan pintu masuk ke Kota Tondano.

Joe Winas, salah satu warga Desa Tonsealama juga menyampaikan terima kasihnya kepada PLN Nusantara Power UPDK Minahasa yang telah memasang lampu jalan di tempat ini. “Saya warga Tonsealama, dan sehari-harinya melewati jalan ini. Sebelumnya kalau malam jalan di sini gelap gulita, sehingga menyulitkan kami jika melewati jalan ini. Oleh sebab itu, saya sangat berterima kasih kepada PLN karena telah memasang lampu jalan sehingga kalau malam sudah ada penerangan. Saya bersama warga lain yang akan melewati jalan ini pun akan merasa lebih nyaman,” katanya.

Jalan Tonsealama saat ini memang semakin ramai dilalui kendaraan, baik siang maupun malam. Sebab jalan ini menghubungkan dua kabupaten besar yakni Minahasa Utara dan Minahasa. Dan lebih luas lagi, jalan ini menjadi jalur dari Minahasa, Tomohon menuju pelabuhan Bitung dan sebaliknya. Kendaraan pribadi maupun angkutan barang banyak yang melewati jalan ini.(jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *