Barometer.co.id-Manado. Sepeda motor masih menjadi moda transportasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 82,7 persen masyarakat cenderung memilih motor untuk mobilisasi mereka.

Dikutip dari katadata.co.id, sebanyak 44,4 persen memilih transportasi online, sedangkan 41,3 persen memilih transportasi umum, kemudian 35,9 persen memilih mobil dan 27,7 persen memilih sepeda.

Survei tersebut juga menunjukkan, 91,6 persen responden menganggap keberadaan sepeda motor penting bagi mereka. Bukan hanya menjadi moda transportasi, sepeda motor juga dianggap mampu menciptakan kenangan tersendiri.

Dari Survei KIC, setidaknya ada lima kenangan paling memorable bagi kawula muda dengan sepeda motor mereka. Kenangan tersebut antara lain bepergian bersama teman (68,6 persen), kemudian melakukan perjalanan romantis dengan pasangan (48,2 persen), melakukan perjalanan jauh setelah mendapatkan SIM (46,6 persen), belajar mengendarai motor (38,3 persen), dan berkendara di alam terbuka (34,2 persen).

Sebanyak 89,7 persen responden KIC menganggap kenangan tersebut penting. Sementara terkait brand sepeda motor, Honda dianggap sebagai pabrikan motor lintas generasi. Sebanyak 75 persen responden mengaku menggunakan Honda saat masih kecil. Sementara 74 persen menggunakan Honda saat remaja dan 75 persen mengaku akan tetap memilih Honda hingga 10-15 tahun ke depan.(ktd)