oleh

Ginting Melaju ke Semifinal All England Usai Kalahkan Axelsen

Barometer.co.id-Jakarta. Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak semifinal All England Open 2024 setelah menghentikan langkah unggulan pertama asal Denmark, Viktor Axelsen, pada pertarungan ketat di partai delapan besar, Sabtu WIB.

Ginting menang atas Axelsen melalui rubber game dengan skor 8-21, 21-18, 21-19 dalam tempo 1 jam 9 menit pada laga yang digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris tersebut.

Gim pertama berlangsung dengan cepat, menyusul Axelsen yang memegang penuh kontrol permainan dan tidak memberikan kesempatan bagi Ginting untuk mengembangkan variasi serangan dan lepas dari tekanan.

Namun, gim kedua berjalan dengan alot, dimana Ginting mulai tampil lebih fokus dan memupuk kepercayaan dirinya kembali demi memaksakan rubber game kontra tunggal putra nomor satu dunia tersebut.

Pada awal gim kedua, Ginting berhasil memegang keunggulan, hingga interval gim tersebut direbut olehnya dengan skor 11-7. Selepas turun minum, Ginting masih unggul atas Axelsen, meskipun secara perlahan, sang pemain Denmark mulai mengejar dengan lebih sabar.

Kedudukan pun berimbang 15-15 lalu 17-17, dan pertarungan sengit antara dua peraih medali Olimpiade 2020 Tokyo itu mulai memanas. Berbekal ketenangan dan kepercayaan diri di momen krusial tersebut, Ginting akhirnya mampu membungkus kemenangan pada gim kedua 21-18.

Gim pamungkas kembali berjalan dengan intens, dengan kedua pemain saling bergantian untuk unggul, lalu menyamakan angka di papan skor. Kali ini, Ginting, yang merupakan unggulan kelima dalam turnamen ini, sempat tertinggal, dengan Axelsen meraih interval gim ketiga, 11-8.

Selepas itu, Ginting dapat menyamakan kedudukan 12-12 dan sempat membuat juara All England 2022 itu tak berkutik dan tertinggal cukup jauh darinya, dengan skor 18-12.

Kejutan tak berhenti sampai di situ. Axelsen dengan perlahan mampu melesat mengumpulkan angka di momen kritis tersebut dan menyamakan kedudukan menjadi 18-18.

Matchpoint pertama diraih oleh Ginting 20-18, tapi Axelsen masih belum mengendurkan serangannya dan memperkecil jarak dengan menambah satu poin lagi, sebelum akhirnya Ginting memenangkan pertandingan intens tersebut dengan skor 21-19.

Ini merupakan pertama kalinya dalam 15 tahun bagi tunggal putra Indonesia untuk menembus babak semifinal turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini. Terakhir kalinya tunggal putra Indonesia lolos ke semifinal turnamen Super 1000 All England Open adalah pada tahun 2009, dimana Taufik Hidayat berhadapan dan kalah dari Lee Chong Wei (Malaysia).

Dengan kemenangan ini, maka Ginting akan berjumpa dengan wakil Prancis Christo Popov di babak empat besar turnamen All England Open edisi ke-125 ini.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *