oleh

Basarnas Manado Tambah Personel Penanganan Lletusan Gunung Ruang

Barometer.co.id-Manado. Basarnas Manado menambah jumlah personel dalam penanganan bencana letusan Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Manado Monce Brury di Manado Kamis mengatakan, saat ini pihaknya telah menambah sepuluh personel beserta alat pendukung untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak letusan Gunung Ruang,

“Jadi tim Basarnas siagakan di sana sebanyak 35 personel untuk membantu penanganan bencana,” katanya.

Ia menjelaskan, pada Kamis siang, Basarnas telah mengevakuasi masyarakat setempat, pegawai, dan warga binaan pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Tagulandang dari Tagulandang ke Manado.

“Basarnas akan selalu berkoordinasi ke semua instansi pemerintah setempat untuk menjamin keselamatan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, intensitas perkembangan terkait Gunung Ruang mengalami peningkatan sejak kemarin malam meletus mengeluarkan lava dan bebatuan.

Tim SAR gabungan sudah memberikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di radius 5 Km agar secepatnya mengungsi agar tidak ada korban jiwa.

Semua unsur bantuan instansi yang dari Manado baik TNI, Polri, Tagana, dan potensi SAR sudah diberangkatkan ke Tagulandang untuk diperbantukan dalam pengamanan masyarakat setempat.(ant)