oleh

Dialog Interaktif, Kompol Ferdinand Runtu Sampaikan Tips Mudik Aman

Barometer.co.id, Manado – Direktur Lalu Lintas Polda Sulut melalui Kabag Bin Ops Ditlantas Kompol Ferdinand Runtu didampingi Ipda Viska Wawo memberikan tips aman dalam melaksanakan mudik lebaran tahun 2024.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja, dalam acara Dialog Interaktif di Studio RRI Manado, Rabu (3/4/2024) pagi.

“3 hal yang menjadi perhatian saat melakukan mudik agar aman, yang pertama harus siap diri, apakah itu pengemudi maupun penumpang. Jadi intinya harus jaga kesehatan,” kata Kompol Runtu.

Kemudian lanjutnya, harus siap kendaraan saat akan melakukan mudik.

“Kendaraan yang akan kita gunakan harus betul-betul dipersiapkan dengan baik, cek perlengkapannya seperti mesin, ban, rem, radiator. Kendaraan kita apakah layak jalan atau tidak,” katanya.

Dan tak lupa juga katanya soal kelengkapan dokumen kendaraan yaitu STNK dan dokumen pengendara yaitu SIM.

“Pengendara harus taat dan disiplin dalam berlalulintas, patuhi semua rambu lalu lintas dan utamakan keselamatan dalam berkendara,” pesannya.

Ia juga menyampaikan saat ini Polda Sulut dan jajaran tengah menggelar Operasi Ketupat Samrat untuk pengamanan perayaan Idul Fitri tahun 2024.

“Selain menggelar personel di lapangan, Polda Sulut dan jajaran juga telah menyiapkan pos-pos, baik pos terpadu, pos pengamanan dan pos pelayanan, dan itu bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk tempat rehat sejenak saat berkendara jika kelelahan di jalan,” ujarnya.