Kondisi Belum Memungkinkan, Bandara Sam Ratulangi Masih Tutup Sampai Minggu Pukul 12.00 WITA

Barometer.co.id-Manado. Kondisi udara yang belum memungkinkan dilakukannya penerbangan, membuat Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado kembali tutup sementara sampai Minggu 21 April 2024. Penutupan sementara bandara Sam Ratulangi Manado ini berdasarkan Notam A1021/24 NOTAMR A1016/24.

“Sampai saat ini, sebaran abu akibat erupsi Gunung Ruang di bandara Sam Ratulangi masih banyak. Oleh sebab itu operasional bandara masih ditutup sampai Minggu 21 April 2024 jam 12.00 WITA,” kata Humas Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.

Hari Minggu berarti memasuki hari keempat Bandara Sam Ratulangi ditutup akibat erupsi Gunung Ruang. Pihak bandara pun meminta penumpang untuk melakukan penjadwalan kembali untuk keberangkatan ataupun meminta pengembalian uang dari maskapai.

“Notam kami keluarkan berdasarkan koordinasi dengan stakeholder, dimana kami tidak bisa langsung harus buka dan tutup lagi. Perlu dipertimbangkan juga ke penumpang yang harus bolak balik bandara. Setelah dibuka, kami harus membersihkan debu dengan penyiraman ke seluruh runway agar pesawat bisa aman mendarat,” tambah Yanti.

Pihak bandara pun mengimbau penumpang untuk melakukan reschedule atau menjadwalkan kembali keberangkatannya ataupun meminta pengembalian uang tiket dari maskapai.(jou)