PT Bulawan Daya Lestari Turun Bantu Korban Erupsi Gunung Ruang Tagulandang

Barometer.co.id, Manado – Bantuan yang diserahkan oleh PT BDL berupa paket sembako beras, Susu, Mi Instan, minyak Goreng dan Masker untuk membantu warga yang terdampak langsung erupsi Gunung Ruang. Erupsi tersebut telah menimbulkan kerusakan dan mengakibatkan Ratusan orang kehilangan tempat tinggal dan kebutuhan pokok mereka.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT BDL Adrianus Bach Tinungki kepada Kepala Dinas ESDM Sulut, Fransiscus Maindoka.

“Dalam rangka untuk membantu sudara-sudara kita yang terkena bencana Gunung Ruang di Tagulandang, kami sebagai perusaan yang ada sekalipun kita belum melakukan produksi tapi ini bentuk kepedulian yang kami angarkan untuk membantu masyarakat yang ada di daerah bencana,” ujar Direktur Utama PT BDL Adrianus Bach Tinungki kepada wartawan di Manado, Selasa (23/04).

“Kami berharap bantuan ini sedikit membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan akibat erupsi Gunung Ruang,” Sambungnya.

Kepala Dinas ESDM Sulut, Fransiscus Maindoka mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari PT BDL dan berharap bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban korban erupsi Gunung Ruang.

“Terimakasih terutama kepada tuhan karena luar biasa dalam kehidupan kita, karena peran dari pemerintah, bahkan juga pihak dari perusahaan pertambangan ini bisa melibatkan diri, peduli melakukan uluran tangan bagi saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” ucap Kadis ESDM Sulut.

Menurutnya, bantuan ini kemudian akan dikirim ke Posko logistik bencana Gunung Ruang di Tagulandang.

“Pada kesempatan ini saya bersama pemerintah provinsi Sulawesi Utara bapak Gubernur yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menampung segala bantuan yang ada dan juga Wagub Steven Kandouw yang saat ini membawa bantuan ke Tagulandang dan juga atas nama pak menteri ESDM. Kita melihat kondisi hari ini atau besok bantuan ini akan langsung di salurkan ke Tagulandang,” kata Kadis ESDM Sulut, Fransiscus Maindoka.

Bantuan dari PT BDL merupakan salah satu dari banyak upaya bantuan yang telah diterima oleh korban erupsi Gunung Ruang. Berbagai pihak dari sektor publik maupun swasta terus berupaya memberikan dukungan bagi mereka yang terdampak, dengan harapan dapat membantu proses pemulihan dan kembali normalnya kehidupan masyarakat setempat.

Sementara itu, data dari Sekda Kabupaten Sitaro hingga Senin (21/4), terdapat 3.582 warga pengungsi yang sudah ditangani dengan baik. Adapun sebanyak 3.614 rumah mengalami kerusakan akibat dampak erupsi Gunung Ruang yang tersebar di 2 kelurahan dan 13 kampung.