oleh

Hardiknas 2024, Program Pembelajaran “Kamberu” Mengantar Kepsek SMAN 8 Manado Raih Penghargaan Pemprov Sulut Sebagai Kepala SMA Inovatif

Barometer.co.id – Manado

Peringatan Hardiknas 2 Mei 2024 dilaksanakan Pemprov Sulut yang dipusatkan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Di mana, pemprov melalui Dinas Dikda Sulut terus membuka kesempatan bagi seluruh pelaku pendidikan di daerah ini untuk maju bersama dengan terus berinovasi dan berkolaborasi memajukan pendidikan di Provinsi Sulut.

Kemeriahan peringatan Hardiknas tahun ini juga menjadi momen spesial bagi keluarga besar SMAN 8 Manado. Pasalnya, salah satu penghargaan diberikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE kepada Kepala SMAN 8 Manado Dra Mediatrix M Ngantung MPd sebagai Kepala SMA Inovatif tahun 2024.

Prestasi ini, tentu tak luput dari upaya dan kerja yang selama ini sementara dilakukan di sekolah melalui Program Kampanye Bertani Urban (Kamberu). Adapun, nama “Kamberu” digunakan karena terinspirasi dari salah satu babak dalam tarian maengket yang disebut “Maowey Makamberu”. Di mana, gerak dan lagunya merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan atas hasil-hasil pertanian yang diperoleh berlipat ganda.

Dalam penyampaiannya, Kepala SMAN 8 Manado Dra Mediatrix M Ngantung MPd menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulut melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wagub Drs Steven OE Kandouw dan Sekprov Sulut Steve Kepel ST MSi.

“Terima kasih juga kepada Kadis Dikda Sulut Dr Femmy Suluh MSi atas dukungan dan arahan selama program ini berjalan,” ungkap kepsek, Senin (06/05).

Ditambahkannya lagi, Program Kamberu yang sementara berjalan merupakan sebuah rencana aksi wirausaha pertanian di SMAN 8 Manado.

“Jadi, program ini diharapkan juga mampu menggerakkan seluruh elemen sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pertanian berkelanjutan sebagai proyek pembelajaran,” ujar kepsek.

Lanjut kata kepsek, pencapaian ini tentunya tak lepas dari kerjasama antar pimpinan dan seluruh guru, pegawai, siswa dan orangtua siswa yang selalu saling mendukung untuk memajukan sekolah.

“Kami tentu berharap Program Kamberu ini boleh terus berjalan dan dapat menginspirasi sekolah-sekolah lainnya di daerah,” tukas kepsek.

Dalam kesempatan tersebut, pemprov juga memberikan penghargaan kepada Marten P.Z Meruntu (orangtua siswa dari Junior Meruntu). Di mana, berhasil memperoleh penghargaan dari Pemprov Sulut sebagai Orangtua Siswa Inovatif tahun 2024 melalui sistem budidaya tanaman di perkotaan.

Hal ini juga yang mencetuskan ide implementasi pembelajaran paradigma baru melalui Program Kamberu dalam melatih peserta didik dan guru-guru di SMAN 8 Manado.(eau)