oleh

Resmi Dibuka, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Barometer.co.id-Manado. Operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado kembali berjalan normal setelah kembali dibuka secara resmi pada Minggu 5 Mei 2024 pukul 10.01 WITA.

Keputusan dibukanya kembali bandara berdasarkan hasil rapat koordinasi stakeholder bandara Sam Ratulangi yang dipimpin Kepala Otban Wilayah VIII Manado.

Maya Damayanti selaku General manager PT. Angkasa Pura I mengatakan bahwa selanjutnya pihak bandara akan tetap melakukan penyiraman dan pembersihan area airside yaitu runway, taxiway dan apron untuk memastikan Bandara siap untuk operasional penerbangan.

“Saya berterimakasih kepada bapak Gubernur, Walikota, Bupati, Kapolda, TNI Polri dan seluruh stakeholder Bandara atas bantuan dan dukungan yang diberikan selama ini sehingga bandara bisa beroperasi kembali,“ ujar Maya.

Dari pantauan data terdapat 25 pesawat (PP) yang akan diterbangkan hari Minggu, terdiri dari Lion Air group 19 fligth (PP), Transnusa 2 Flight, Garuda dan Citilink masing masing 2 flight (PP).

Hasil rekapitulasi dari tanggal 30 sampai tanggal 5 Mei 2024 pagi sebelum dibukanya Notam, total ada 137 pesawat dan 14.948 penumpang yang terdampak dari tutupnya Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kepala Otoritas Bandara wilayah VIII Ambar Suryoko mengatakan hasil evaluasi, dari sisi ruang udara tidak ada erupsi lagi. Dari sisi ground airside, sudah bersih dari debu sehingga Notam sebelumnya dicabut dan dibuka kembali operasional dengan nomor Notam A1206/24 NOTAMC A 1203 /24.

“Kita semua berharap agar Gunung Ruang sudah tidak lagi mengeluarkan semburannya sehingga semua aktivitas operasional di bandara Sam Ratulangi kembali normal,” katanya.(jou)