Gunakan DD, Pemdes Kumelembuai Satu Bangun Drainase di Halaman Sekolah

Barometer.co.id – Amurang

Pemerintah Desa Kumelembuai Satu, Kecamatan Kumelembuai, Kabupaten Minahasa Selatan berupaya meningkatkan kualitas hidup warganya termasuk di dunia pendidikan. Salah satunya, atasi genangan air dengan membangun drainase di tengah halaman sekolah SMA Negeri 1 Kumelembuai, tepatnya di jaga II.

Penjabat (Pj) Hukum Tua Steven Polla mengatakan, pembangunan drainase menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2024 kurang lebih Rp35.620.000 juta, dengan Volume pekerjaan 50m.

”Memang kami dahulukan pembangunan drainase karena musim penghujan,” ujarnya kemarin.

Dia menyebut, pembangunan drainase bisa menyelesaikan dua persoalan di desanya. Pertama, untuk kelancaran saluran air di permukiman penduduk.

”Memang saluran pembuangannya kurang bagus. Sehingga perlu dibangun drainase apalagi pembuangan air tersebut melewati tepat di antara beberapa gedung SMA,” bebernya.

Kedua, pembangunan drainase sangat penting untuk memperlancar derasnya air saat curah hujan tinggi menuju aliran sungai. Sehingga tidak lagi mengganggu proses belajar mengajar para siswa dan guru.

Harapannya, pembangunan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat terlebih pengguna gedung sekolah. Sehingga, pihak sekolah dapat beraktifitas dengan nyaman.” pungkasnya.

Terpantau di lokasi pekerjaan, Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP meninjau langsung proses pekerjaan, dan juga perwakilan BPD dan Sekertaris desa Billy Mawitjere (Mor).