Perbankan Sulut Dukung Hari Indonesia Menabung, Targetkan Pelajar, Mahasiswa Hingga UMKM Buka Rekening

Barometer.co.id-Manado. Perbankan di Sulawesi Utara mendukung program Hari Indonesia Menabung (HIM) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dukungan tersebut diwujudkan dengan lebih aktif turun ke masyarakat, terutama sekolah, perguruan tinggi untuk mengajak pelajar dan mahasiswa membuka rekening.

Selain itu, pelaku UMKM juga menjadi sasaran beberapa bank, karena merupakan salah satu target atau sasaran dari program Hari Indonesia Menabung ini. Target lainnya adalah karyawan, nelayan, penyandang disabilitas, Ibu Rumah Tangga serta masyarakat yang berada di daerah tertinggal.

Terkait Hari Indonesia Menabung dan Kejar Award, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut menggelar Media Update, Jumat (06/07/24) dengan menghadirkan beberapa bank di Sulut yang mengikuti program ini. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Wapimwil BNI Wilayah 11, Lucky Lahope menyampaikan pihaknya sangat mendukung HIM ini. “Sejak tahun 2022 kami telah mengganden sembilan SMK untuk menjadi Agen 46. Dengan menjadi Agen 46, para pelajar bisa menabung sekaligus memahami perbankan. Kami juga mengajak para pelajar untuk melakukan transaksi dengan mobile banking,” ujarnya.

Sekretaris Perbarindo yang juga Dirut BPR Dana Raya menyampaikan pihaknya melakukan inklusi yang dirangkaikan dengan CSR di Madrasarh di Tateli. “Kami membantu membangun sekaligus melakukan sosialisasi program menabung. Kegiatan ini kami bekerjasama dengan Taspen,” katanya.

Sementara BPR Citra Dumoga menyampaikan infklusi keuangan mereka lakukan di SMP dan SMA Theodorus Kotamobagu serta di pasar Kotamobagu. Mereka melakukan kegiatan ini di Kotamobagu karena memang kantor besarnya berada di sana.

Dept Head BRI Kanwil Manado, Yoga Yudistira mengatakan, sebagai bank yang berfokus di segmen mikro, BRI juga menargetkan program Hari Indonesia Menabung di segmen mikro. “Kami juga fokus kepada mahasiswa, sebab mereka merupakan embrio. Di saat mereka sudah memasuki dunia kerja, mereka sudah mempunyai rekening BRI,” katanya.

Saat ini, menurut Yoga BRI telah bekerjasama dengan 10 Universitas yang berada di wilayah kerjanya, yaitu Sulutgomalut. “Kami menargetkan 10 ribu rekening baru pada program ini,” ujar Yoga.

BCA melalui Pimpinan Cabang BCA Manado, Liau Jung Nyap mengatakan BCA secara rutin setiap tahun melakukan literasi keuangan di perguruan tinggi. “Kami melakukan literasi keuangan di Unklab bagi mahasiswa semester 1. Selain itu, kami juga mengelar kuliah umum oleh direksi BCA, yang dalam waktu dekat akan digelar di Unsrat,” katanya.

Program berikutnya yang dilakukan adalah banking tour. Pada kegiatan ini, BCA mengundang mahasiswa berkunjung ke kantor BCA untuk melihat langsung proses perbankan. Dan berikutnya adalah sharing layanan prima.

Bank yang juga menargetkan mahasiswa untuk program Hari Indonesia Menabung ini adalah BSI.

Sementara Bank Mandiri menyasar pelaku pariwisata di objek wisata Batu Putih Bawah. “Wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke Batu Putih Bawah setiap tahun mencapai 12 ribu orang. Untuk itu kami memberikan pelatih bahasa Inggris kepada pelaku pariwisata di sana,” kata Billy dari Bank Mandiri.(jou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *