Barometer.co.id-Manado. Ratusan siswa-siswi dari Sekoah Menengah Atas (SMA) merayakan acara Tic Tax Toe 2024 di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (04/09).

Total ada 170 siswa-siswi dari Kota Manado dan beberapa kota/kabupaten lainnya di Sulawesi Utara. Bahkan ada satu tim terdaftar yang bersekolah di Kota Gorontalo.

Tic Tax Toe 2024 adalah acara orisinal dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJP Suluttenggomalut). Mengambil inspirasi dari rangkaian acara Pajak Bertutur 2023, acara ini secara garis besar merupakan lomba Cerdas Cermat Perpajakan dan Yel-Yel untuk para siswa di tingkat sekolah
menengah atas.

Tic Tax Toe merupakan sebuah akronim untuk “Thinking Critically about Taxes to Embrace the Future”. Sesuai namanya, tujuan diadakannya lomba ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perpajakan kepada para siswa sejak dini, bahwa pajak adalah salah satu instrumen penting dalam proses pembangunan negara.

19 SMA telah mengikuti untuk membuktikan sekolah mana yang memiliki pengetahuan perpajakan terbaik. Sekolah tersebut yaitu:

  1. SMAN 1 Gorontalo;
  2. SMAN 1 Manado;
  3. SMAN 7 Manado;
  4. SMAN 9 Manado;
  5. SMKN 1 Manado;
  6. Madrasah Aliyah PKP Manado;
  7. MAN Model 1 Manado;
  8. SMA Citra Kasih Manado;
  9. SMA Dian Harapan Manado;
  10. SMA Katolik Frater Don Bosco Manado;
  11. SMA Kristen 2 Binsus Tomohon;
  12. SMAN 1 Tomohon;
  13. SMA Kristen Kotamobagu;
  14. SMA Katolik Aquino Amurang;
  15. SMAN 2 Bitung;
  16. SMA Manado Independent School;
  17. SMAN 1 Guru Lombok Kalawat;
  18. SMAN 3 Tondano; dan
  19. SMKN 2 Tondano.

Tak hanya itu, ketujuh sekolah pun juga memberanikan diri untuk menampilkan yel-yel perpajakan. Penampilan penuh semangat ini ditampilkan oleh:

  1. SMAN 7 Manado;
  2. Madrasah Aliyah PKP Manado;
  3. SMA Kristen 2 Binsus Tomohon;
  4. SMAN 2 Bitung;
  5. SMA Manado Independent School;
  6. SMAN 1 Guru Lombok Kalawat; dan
  7. SMAN 3 Tondano.

Acara dibuka dengan tarian memukau dari para penari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bitung. Selepas itu, dua pembawa acara masuk sambil meneriakkan jargon acara. “Ayo semua teriakkan Tic Tax Toe 2024, Sadar Pajak Bukti Peduli Pada Negeri!” ucap Rizki Khairunnisa dan Nadhira Munhira dengan lantang.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Kanwil DJP Suluttenggomalut, Joga Saksono, lalu naik ke atas panggung. Sebagai Ketua Panitia Tic Tax Toe 2024, Joga berkata bahwa acara ini merupakan kampanye Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan. Acara ini juga dilaksanakan dengan tema “Lampau Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas”. Tema ini selaras dengan program Pajak Bertutur 2024 yang telah dilaksanakan pada 7 Agustus 2024 lalu.

“Kami sampaikan juga puji syukur kepada Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara Ibu Dr. Femmy J. Suluh, M.Si yang turut mendukung jalannya acara ini,” kata Joga.

Setelah itu, giriliran Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut Arif Mahmudin Zuhri (saat ini telah menjabat di Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi) membuka acara ini dengan resmi. Dalam pembukaannya, Arif mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter dengan menunjukkan nilai-nilai kesadaran pajak sebagai bagian dari bela negara dan cinta tanah air.

“Selamat berlomba dan mengikuti setiap rangkaian kegiatan Tic Tax Toe Kanwil DJP Suluttenggomalut Tahun 2024. Teruslah mengejar mimpi dan terus mencintai negeri untuk Indonesia Emas 2045!” kata Arif.

Kegiatan berjalan dari pukul 08.30 – 17.00 WITA. Selama 8,5 jam acara berjalan, para peserta mengikuti lomba dengan semangat menggelora. Terbukti banyak siswa-siswi yang sangat kompetitif saat mengikuti cerdas-cermat dengan saling berebut jawab. Sorak sorai penonton pun membuat suasana perlombaan kian memanas. Bahkan ketujuh tim yel-yel berusaha tampil maksimal menyerukan seruan pajaknya.

Sebelum menuju penghujung perlombaan, Widyaiswara Bala Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Manado, Subarja, memberikan materi seputar pendaftaran dan pendidikan di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Subarja berkata, PKN STAN adalah`perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara.

“Nantinya para lulusan akan di tempatkan di instansi lingkungan Kemenkeu ataupun instansi pemerintahan pusat dan daerah,” terang Subarja.

Selepas itu, tibalah babak akhir Cerdas Cermat Tic Tax Toe 2024. Tiga tim bertemu untuk menentukan siapa pemenangnya. Setelah kompetisi yang sangat mendebarkan, maka diumumkanlah jawara dari masing-masing lomba.

Pemenangnya adalah:

a. Lomba Cerdas Cermat Perpajakan:
1.Juara Pertama SMAN 1 Manado
2.Juara Kedua SMA Dian Harapan Manado
3.Juara Ketiga SMAN 3 Tondano.

b. Lomba Yel-Yel Perpajakan:
1. Juara Pertama SMAN 7 Manado
2. Juara Kedua SMAN 3 Tondano
3. Juara Ketiga SMA Kristen 2 Binsus Tomohon.(jou)