Barometer.co.id-Banda Aceh. Cabang Olahraga Gateball Sulawesi Utara berhasil meloloskan dua nomor yakni Triple Campuran dan Ganda Putra ke babak final PON XXI Aceh Sumatera Utara Tahun 2024.

Bertanding di Lapangan Gateball Pergatsi Sumatera Utara, Rival Paendong,Toufan Matindas,Anjeli Sapetu,Kirey Kaseger sukses melangkah ke partai puncak untuk memperebutkan medali emas melawan Tim Provinsi Papua, Kamis 19 September 2024.

Pada babak penyisihan, Tim Sulut berturut turut mampu mengalahkan Jawa Barat, Aceh dan Nusa Tenggara Timur. Sementara Papua melangkah ke final usai menyisihkan lawan berat dari Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, di nomor Ganda Putra, Tim Sulut yang diperkuat Chaesy Ilat dan Marcelino Liwan juga sukses melangkah ke babak final untuk memperebutkan medali emas melawan tuan rumah Sumatera Utara, Kamis nanti.

Pada pertandingan babak penyisihan, yang berlangsung Selasa (17/09), ganda putra Sulut berada di pool A bersama Aceh, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara grup sekaligus merebut tiket untuk memperebutkan medali emas.

Calon lawan Ganda Putra Sulut di babak final yakni tuan rumah Sumatera Utara meraih tiket usai menyisihkan lawan lawannya masing-masing Yogyakarta dan Bangka Belitung.

Pelatih Tim Gateball Sulut, Jefri Massie optimis nomor triple campuran dan ganda putra mampu meraih medali emas jika permainan mereka seperti pada saat penyisihan. “Saya sangat optimis nomor triple campuran dan ganda putra mampu mempersembahkan medali emas,” tukas Massie.

Menurutnya masih ada dua nomor pertandingan yang akan dilakoni Sulut untuk berburu medali bagi Kontingen Sulut. Dua nomor tersebut adalah ganda campuran Indri Mandagi dan Angly Rambing serta beregu putra. Babak penyisihan hingga semifinal dan final nomor ganda campuran dan beregu putra akan dilaksanakan Rabu 18 September 2024.(dni)