Barometer.co.id-Banda Aceh. Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Utara, Drs Steven O. E. Kandouw, Senin (09/09) tiba di Provinsi Aceh guna mengikuti Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa.

Pada pelaksnaan Upacara Pembukaan, Steven Kandouw, yang juga adalah Wakil Gubernur Sulawesi Utara, tampak duduk bersama dengan para gubernur sebagai undangan pada pesta olahraga paling bergengsi di Bumi Nusantara, yang dibuka secara resmo oleh Presiden Joko Widodo.

Selain menghadiri upacara pembukaan PON XXI/2024, Steven Kandouw juga telah menjadwalkan untuk memberikan support bagi para atlet yang sedang berjuang untuk meraih medali bagi kontingen Sulut. Sesuai rencana, Selasa (10/09), Kandouw akan hadir dan memotivasi perjuangan dua atlet Sulawesi Utara, Angelina Runtukahu dan Ezekiel Walewangko, yang akan bertarung di babak final cabang olahraga Muaythai.

Kemudian, pada hari yang sama, Calon Gubernur Sulawesi Utara tersebut akan hadir di GOR Bola Basket Stadion Harapan Bangsa untuk memberikan dukungan bagi Cabang Olahraga Bola Basket 5×5 Sulawesi Utara, yang akan memperebutkan medali perunggu melawan Jawa Barat. Sementara itu, untuk Cabor Hapkido, dua atlet putri yakni Jenifer Mamoto dan Glorya Muntu akan memulai pertandingan Selasa (10/09) mulai pukul 09.00 Waktu Banda Aceh.

Kedua atlet Cabor Hapkido ini memiliki peluang untuk meraih medali jika melihat hasil capaian mereka pada saat Babak Kualifikasi PON XXI di Yogyakarta, setahun silam. Duet pelatih Jacky Waturandang dan Jan Gimon cukup optimis Jenifer dan Glorya mampu meraih medali. “Jenifer akan bertanding di kategori Under 63 Kg sementara Glorya Muntu di Under 72 Kg. Keduanya sudah siap bertanding dan sudah melakukan penimbangan resmi,” sebut Jan Gimon.

Dukungan kepada para atlet yang akan bertanding di partari final selain dari Steven Kandouw juga datang dari unsur pimpinan KONI Sulut seperti Ketua Harian, Theo Kawatu, Sekum Tony Kullit, Wakil Sekum, Joudy Apia Wagey dan Ketua Kontingen PON, Brigjen TNI Martin Susilo Martono Turnip, yang juga adalah Danrem 131 Santiago.(dni)