Barometer.co.id-Manado. Kontingen Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI) Komda Sulut keluar sebagai Juara Umum Kategori Dewasa pada ajang Open Tournament Pencak Silat Piala Pengprov IPSI Sulut 2024, yang digelar di Hall B GOR KONI Sario Manado, 09 s.d. 11 Oktober 2024.

Keberhasilan Kontingen SMI Komda Sulut setelah sukses mendulang 6 medali emas dan dua medali perunggu. Dengan demikian SMI Komda Sulut yang juga diketuai Drs Pontowuisang Kakauhe, berhak membawa pulang uang tunai senilai Rp 7 juta yang disediakan pihak panitia untuk juara umum kategori dewasa.

Enam medali emas SMI Komda Sulut masing masing diraih M. Agil Pakaya di Kelas B, Semuel Stenly Mamusung, Kelas C, Natan Mundung, Kelas D, Norits ‘Chado’ Montolalu, Kelas E, Nicholas Kawengian, Kelas F dan Dominique Saneba di Kelas B Putri. Sementara dua perunggu diraih Muh.Rafa Alwi di Kelas G dan Yurina Malele, Kelas D Putri.

Dengan demikian dari 11 kelas Kategori Dewasa, Perguruan SMI Komda Sulut berhasil merebut 6 medali emas masing masing 5 di kategori dewasa putra dan satu di kategori dewasa putri.

Kontingen Patriot Manado menempati peringkat kedua dengan raihan 2 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Sementara Saka Manguni berada di posisi ketiga dengan perolehan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Ketua Umum Pengprov IPSI Sulut, Drs Pontowuisang Kakauhe yang juga adalah Ketua Umum Perguruan SMI Komda Sulut memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah sukses menggelar kejuaraan terbuka yang mampu membangkitkan semangat pembinaan olahraga pencak silat di Bumi Nyiur Melambai.

Kadispora Manado ini juga berharap Open Tournament Pencak Silat Piala Pengprov IPSI Sulut Tahun 2024 akan menjadi barometer dalam upaya untuk menjaring sekaligus mempersiapkan para pesilat ke iven nasional terutama Babak Kualifikasi PON XXII NTB-NTT.(dni)