Barometer.co.id – Amurang
Pengadilan Negeri (PN) Amurang, beralamatkan di jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi-Utara telah memiliki sejumlah Program baru.

Program ini bernama Program Permohonan Mandiri (PPM) dan Program Permohonan Salinan Putusan (PPSP), keduanya yang pasti mempunyai keunggulan.

Selain itu, kedua Program ini  merupakan pertama kali di PN yang ada di seluruh Indonesia.

Program yang diluncurkan oleh PN Amurang ini akan segera dilaunching dalam waktu dekat bersama-sama mengundang Pemerintah setempat dan para steahkholder yang terlibat didalamnya, Dukcapil, dinas sosial, bagian hukum, dan distabilitas serta dinas perlindungan perempuan dan anak karena mereka adalah konstituen dengan PN Amurang.

Untuk saat sementara ini pihak PN Amurang baru melakukan soft Launching.

Namun masyarakat yang belum mengetahui soft launching berupa selebaran dan lainnya tidak perlu khawatir atau tidak perlu susah berpikir harus bagaimana cara mendapatkan informasi program PPM dan PPSP, cukup klik atau akses link http://bit.ly/PermohonanMandiri.

Perlu dijelaskan bahwa Program Permohonan Mandiri (PPM) Pengadilan Negeri Amurang dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat pencari keadilan, khususnya kelompok rentan dalam mengajukan permohonan yang akan didaftarkan ke Pengadilan Negeri Amurang.

Adapun jenis Permohonan yang dapat menggunakan google form ini atau akses link http://bit.ly/PermohonanMandiri 
Didalamnya Permohonan Dispensasi Nikah, Permohonan Wali Bagi Anak (Wali bagi Anak Mendaftar TNI dan Wali bagi Anak untuk Pengajuan Dispensasi Nikah).

Untuk biaya Pengajuan Permohonan hanya sebesar  Rp110.000 (seratus sepuluh ribu rupiah)

Diingatkan kembali bahwa google form ini hanya dapat diakses oleh masyarakat pencari keadilan yang termasuk dalam kelompok rentan, masyarakat lanjut usia diatas 65 tahun dan Perempuan.

Sedangkan untuk Program Permohonan Salinan Putusan (PPSP) diperuntukan bagi kelompok rentan dengan klasifikasi Perempuan dan Kelompok Disabilitas dan golongan lanjut usia 65 tahun keatas juga.

Kelompok rentan dapat mengajukan PPSP secara online dan akan mendapatkan akses prioritas.

Jika memiliki kendala dalam pengisian formulir dapat melihat video tutorial pengisian formulir permohonan salinan putusan melalui link berikut bit.ly/TutorialMengisiFormulir

Adapun memiliki kesulitan kembali dapat menghubungi melalui whatsapp Pengadilan Negeri Amurang pada +62823-6277-7992 dan email pnamurang@gmail.com serta website pn-amurang.go.id/

Persyaratan dalam pengajuan PPSP hanya foto KTP atau Kartu Tanda Advokat dan Materai Rp 10.000.

Untuk biaya PNBP nya hanya  Rp500,-perlembar dan leges sebesar Rp10.000,-.

Program tersebut memberikan kemudahan yang dapat kita nikmati, hemat ongkos, mudah diakses dan tersedianya format surat permohonan.

“Kedua program ini dikhususkan bagi seluruh warga Minahasa Selatan, terlebih bagi warga yang domisilinya cukup jauh dari kantor PN Amurang, seperti dari Modoinding, Poigar, Ongkaow, Tanamon, Rap-rap, Tareran dan lainnha. Kan, kasihan bulak-balik kekantor hingga menguras tenaga, waktu dan biaya transportasi, apalagi bagi kaum rentan baik itu perempuan terlebih lanjut usia,” ujar Antonie S. Mona SH selaku wakil ketua PN Amurang.

Antonie menambahkan bahwa pelayanan didalam atau dilingkup PN Amurang hingga kini selalu mengutamakan Pelayanan Prima bagi para seluruh pengunjung.

“Sapa dan sambutan dari seluruh pegawai kami yang bertugas selalu mengedepankan rasa hormat, senyum dan ramah. Bukan hanya itu pelayanan untuk rasa nyaman dan menikmati dari rasa kejenuhan kami menyediakan layanan Minuman ringan seperti kopi, teh dan suguhan lainnya. Untuk kebersihan dan kenyamanan suasana ruangan yang sejuk ber-Ac ini tetap kami jaga. Dan bagi pengunjung distabilitas kamipun menyediakan kebutuhan alat yang diperlukan, seperti kursi roda, tongkat kaki,”pungkasnya.

Antonie menambahkan lagi bahwa Bahwa website PN Ada juga soal edukasi pencegahan pernikahan dini.

“Karena penikahan dini itukan relevan dengan stunting yaitu anak yang memiliki gizi buruk., maka dari itu didalam website kami ada juga tentang edukasi Pernikahan dini, didalamnya kita diajar apasih dampak nikah pada usia dini khusus bagi kaum Adam dan Hawa yang masih usia muda,” imbuhnya.

Antonie menegaskan ketika mengunakan program ini maka akan mendapatkan kemudahan yang dinikmati.

“Sudah pasti kita akan mendapatkan kemudahan yang bisa kita nikmati ketika mengunakan situs ini atau mengakses link tersebut,” tutup Antonie.(jim)