Berantas Korupsi, APH Harus Lebih Dulu Bersih

Barometer.co.id – Amurang

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tanggal 09 Desember 2022, gerakan Aliansi LSM Bersatu berkomitmen untuk bersama Aparat Penegak Hukum (APH) dalam pemberantasan tindak pidana korupsi yang ada di Kabupaten Minsel.

Perbincangan ini berlangsung disalah satu rumah makan yang berada diarea Boulevard pantai Amurang. Jumat (09/12), bertujuan Minsel Menuju Tanpa Korupsi.

Di dalam perbincang dihadir ketua GMPK Johny Senduk didalamnya ada Robby Simbar dan Willem Pasla. Selain itu di ikuti beberapa unsur terkait seperti Bangkit Indonesia Minsel ketua Johny Pojoh, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Minsel Katrin Werupangkey dan Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Minsel Hanny Pantow didampinggi Sekretarisnya Jimmy Agustinus.

Pada kesempatan tersebut, Johny Senduk menuturkan korupsi adalah kejahatan luar biasa yang dampaknya luar biasa pula bagi kehidupan bangsa. 

Tidak hanya dari sisi material berupa kerugian keuangan negara yang kemudian berdampak pada inefektivitas pencapaian sasaran pembangunan.Tapi juga menggerus tatanan nilai dan moralitas kebangsaan yang sudah dibangun.

“Setiap penyelenggara negara hingga kepala desa dan bahkan masyarakat sesungguhnya sudah paham betul tentang tindakan koruptif ini. Termasuk pungli, setor ke atasan, gratifikasi, menjadikan pengusaha atau usaha yang melanggar hukum dan masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran lainnya,” ujar Senduk yang pernah menjabat kadis PU Minsel.

Willem Pasla menegaskan, tinggal bagaimana keseriusan negara untuk menegakkan hukum setegak-tegaknya, seadil-adilnya tanpa pandang bulu. 

“Termasuk moralitas dari para penyelenggara negara untuk mau bekerja jujur, berani melapor, sesulit dan sesusah apapun harus terus dilakukan demi tegaknya NKRI, Indonesia yang berdaulat,” ucap Pasla.

Sementara itu Djohny Pojoh menyatakan agar kiranya Gerakan anti korupsi ini harus kita sosialisasikan secara masif. Ini penting agar tatanan pemerintahan dari pusat sampai ke tingkat desa bisa semakin bagus. Sehingga kerugian negara bisa ditekan seminim mungkin, dan kesejahteraan masyarakat bisa semakin meningkat.

“Sosialisasi anti korupsi memang penting, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu memulai dari diri sendiri. Menjadi panutan dan teladan, contoh hal kecil saja kita lakukan didalam keluarga terlebih dahulu. Dalam hal pengajaran kejujuran dan tanggung jawab antara suami. Begitu juga peran orang tua terhadap anak-anak, pun sebaliknya anak-anak terhadap orang tua serta saudara dengan saudara. Jangan lupa selalu berdoa dan beribadah kepada Tuhan, sehingga kita akan terbiasa melakukan sikap kejujuran dan tindakan baik dan benar kapanpun dan dimanapun kita berada dalam menjalankan tugas,” tutur Pojoh.

Disisi lain Robby Simbar mengingatkan dan mengajak agar pimpinan di semua tingkatan harus menjadi teladan. 

“kata kuncinya adalah keteladanan dari pimpinan masing-masing di lingkup paling kecil termasuk bawahan atau anak buah. Mari kita mulai dari diri sendiri, dan kita praktikkan oleh diri sendiri juga,” seru Simbar.

Menjadi pertanyaan bagaimana penanganan jika ada oknum yang ketahuan korupsi, Senduk menjelaskan semuanya ada proses dan tindak lanjut. 

Usai dalam perbincang ini, melanjutkan pertemuan audensi bersama pihak APH Polres Minsel dan Kejari Amurang. Maksud kedatangan juga menindak lanjuti seberapa jauh penanganan yang sudah di selesaikan oleh kedua instansi tersebut.

Namun disayangkan disaat bertamu ke Kapolres Minsel, belum bisa ditemui. Alasan yang disampaikan salah satu petugas dipenjagaan pintu kapolres seorang wanita menyebut ‘bapak Kapolres sementara rapat diruangan dan belum tau kapan selesai dalam rapatnya. Sebelumnya itu tim gerakan Aliansi LSM Bersatu ini sempat disuruh menunggu oleh petugas tersebut kurang lebih 25 menit diruang tunggu, namun hasilnya seperti itu.

Beranjak keluar dari Polres, tim melanjutkan ke Kejari Minsel, dengan tujuan yang sama. Namun lagi-lagi gagal untuk bertemu. Alasan dari seorang petugas di pos penjagaan menyampaikan bahwa pimpinan dan sejumlah bawahan Kasi dan lainnya sedang mengikuti Rapat Kerja (Raker) dikantor wilayah Manado.(jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *