Barometer.co.id-Tahuna. Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Kelas II Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mengemukakan bahwa penumpang kapal laut jalur Tahuna-Manado masih dalam keadaan normal pada pekan awal Desember atau menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Sampai saat ini, penumpang kapal laut jalur Tahuna-Manado baik berangkat maupun tiba belum terlihat lonjakan,” kata Koordinator Sosial Media Response Team Unit Pelaksana Pelabuhan Tahuna, Meifrid Palenewen di Tahuna, Senin (05/12).

Menurut Meifrid, jumlah penumpang untuk kapal malam saat ini masih antar 200 sampai dengan 300 orang sedangkan kapasitas yang dapat ditampung sekitar 500 sampai 600 penumpang.

Begitu pula, lanjutnya, untuk kapal cepat yang berangkat pagi penumpangnya untuk saat ini baru sekitar 75 penumpang sedangkan kapasitasnya boleh memuat lebih dari 100 orang.

Ia menuturkan, khusus kapal cepat yang berangkat pagi, juga singgah di beberapa pelabuhan sebelum sampai di Manado di antaranya Kahakitang, Para, Ulu Siau, Tagulandang dan pelabuhan Biaro, sedangkan kapal malam dalam waktu tertentu juga singgah di pelabuhan Ulu Siau.

Angkutan laut yang melayari jalur pelayaran Tahuna-Manado, lanjutnya, sudah semakin lancar sebab setiap hari ada kapal yang tiba dan berangkat dengan pelabuhan tujuan Manado.

“Angkutan laut Tahuna-Manado pulang pergi sudah sangat lancar sebab setiap hari ada baik berangkat malam maupun pagi,” katanya.

Dia mengatakan, pada umumnya kalau sudah memasuki bulan Desember, jumlah penumpang kapal laut yang berangkat dan tiba sudah mulai meningkat. Namun untuk tahun 2022 ini, sampai dengan hari yang kelima bulan Desember, belum terlihat peningkatan jumlah penumpang.

Kantor unit pelaksana pelabuhan Tahuna, ujar dia, setiap hari terus memantau jumlah penumpang kapal laut yang berangkat dan tiba.

Menurut dia, kapal laut yang ada saat ini dinilai sudah cukup untuk melayani penumpang Tahuna-Manado termasuk ketika menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.(ant)