Barometer.co.id-Manado. Pesawat Scoot dari Singapura tujuan Manado tipe Airbus A-320 dengan nomor penerbangan TR216 harus melakukan Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara awal, Sabtu  (28/01/23). Pesawat dengan registrasi 9V-TRO harus melakukan RTB dengan alasan mekanikal.

“Pesawat Scoot rute Singapura Manado harus RTB. Pesawat harus kembali ke Singapura karena alasan mekanikal,” ujar Stakeholder Relation Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.

Akibat dari kejadian tersebut, pesawat Scoot dari Singapura yang dijadwalkan tiba di bandara Internasional Sam Ratulangi Manado jam 13.05 WITA, baru mendarat pada sore hari dengan pesawat yang berbeda yakni dengan registrasi 9V-TAZ. Jadwal keberangkatan dari Manado ke Singapura pun tertunda, dari yang seharusnya pukul 13.50 WITA baru berangkat pada pukul 19.46 WITA.

Yanti mengatakan, operasional Bandara Sam Ratulangi pada Sabtu berjalan normal. Seluruh penerbangan kecuali Scoot berjalan sesuai dengan jadwal. “Pihak Scoot juga mengajukan perpanjangan operasional bandara akibat dari perubahan jam tiba dan berangkat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Scoot yang menggantikan Silk Air, melayani penerbangan reguler Singapura Manado tiga kali seminggu, yakni pada hari Rabu, Jumat dan Sabtu. Rute ini cukup potensial dan direncanakan Scoot akan menambah frekuensi penerbangan menjadi empat kali seminggu.(jm)