Manado, Barometer.co.id
Sebanyak 220 siswa-siswi jenjang pendidikan SMA se-Sulut saat ini disiapkan untuk mengikuti program pelatihan Olimpiade Sains Provinsi (OSP) tahun 2023 bertempat di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulut, Senin (15/05).

Program pembimbingan ini diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan daya saing siswa saat mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) nanti.

Pada pembukaan kegiatan, Sekretaris Dinas Pendidikan Jefri Edwin Runtuwene SE MSi mewakili kadis menyampaikan selamat kepada para siswa yang terpilih mengikuti pelatihan OSP.

“Ikutilah pelatihan ini dengan baik supaya kalian bisa meraih juara agar bisa mengangkat nama baik Provinsi Sulut di tingkat nasional,” ujar Runtuwene.

Kami berharap nantinya adik-adik bisa berkompeten dan Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) kiranya dapat melatih kalian dengan baik.

“Kiranya apa yang sudah adik-adik tanamkan didalam diri, serta persiapan yang telah dilakukan bisa di maksimalkan potensinya dalam bimbingan kali ini,” tutup Sekdis.

Sementara melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, DR Sri Ratna Pasiak memberikan laporan terkait kegiatan pelatihan OSN Tingkat Provinsi Sulut. Kata dia, peserta yang ikut kali ini ada 220 Siswa.

“OSN jenjang SMA tahun 2023 ini tampil sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya dan dalam kegiatan ini menggunakan mekanisme di seleksi setiap daerah dan tahun 2023 ini untuk tingkat nasional direncakan akan dilakukan dalam bentuk luring,” jelas Pasiak.

Pasiak menambahkan, terkait dengan bidang lomba yang di lombakan dalam kompetesi sains antar kabupaten/kota, Provinsi dan Nasional yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

“Sebanyak 76 orang laki – laki dan 144 orang perempuan yang ikut bimbingan kali ini nantinya akan mengikuti selama 12 hari,”tutup Pasiak.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara, Febry HJ Dien ST MInf Tech (Man).(eau)