oleh

PLN NP UPDK Minahasa Serahkan Bantuan Kendaraan Pengangkut Sampah di Tahuna

Barometer.co.id-Tahuna. PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa melalui ULPLTD Tahuna menyerahkan secara simbolis kendaraan pengangkut sampah untuk Kelurahan Soataloara II, Kecamatan Tahuna Kepulauan Sangihe. Kendaraan tersebut diserahkan langsung kepada lurah Soataloara II Megah Karya Sasue S.E, pada 13 Juli 2023.

Manager PLN Nusantara Power UPDK Minahasa, Andreas Arthur mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk CSR/TJSL kepada masyarakat dari PT PLN Nusatara Power UPDK Minahasa melalui ULPLTD Tahuna.

“Program ini dalam rangka mendorong kemandirian dan keterlibatan masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah yang lebih baik. Program ini juga menjadi inisiasi awal dalam rangka pembuatan bank sampah di lingkungan ring satu ULPLTD Tahuna yaitu RT 7 kelurahan Soataloara II,” kata Andreas.

Sebelumnya sampah tidak terlayani oleh kendaraan pengangkut karena medan yang tidak bisa dimasuki oleh kendaraan pengangkut besar. Dengan adanya bantuan berupa kendaraan motor roda tiga ini diharapkan dapat melayani pengangkutan sampah hingga ke kawasan padat penduduk.

Selain penyerahan kendaraan pengangkut sampah, terget selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan pelatihan bagaimana cara mengelolah sampah guna mendukung program bank sampah.

Inisiasi yang digerakan oleh  PT PLN Nusatara Power diharapkan dapat memicu pengelolaan sampah yang lebih baik, mengingat dampak yang diakibatkan sampah yang tidak terkelola diantaranya timbulnya bibit penyakit dan pencemaran bagi lingkungan.

Bentuk kontribusi nyata dalam upaya peningkatan taraf hidup dan aspek kesehatan bagi masyarakat di sekitar unit pembangkit  PT PLN Nusatara Power sendiri sejalan dengan komitmen manajemen dalam kontribusi Pembangunan berkelanjutan.

Sebagai perwakilan dari masyarakat, Ketua RT 7 Frans Hengkengnusa Paparang menyampaikan, “Banyak terima kasih atas perhatian dari PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa melalui ULPLTD Tahuna sudah memberikan bantuan kendaraan motor pengangkut sampah.

Dengan adanya bantuan ini masyarakat merasa tertolong karena memang sampah menjadi permasalahan di Kelurahan Soataloara II terutama RT 7, sehingga dengan adanya bantuan kendaraan motor berjenis roda tiga ini, dapat kami pergunakan untuk mengakut sampah  dirumah-rumah masyarakat sekitar dan di kelurahan.”

Kedepan juga direncanakan akan ada program pengelolaan sampah berupa pembuatan bank sampah di wilayah Kelurahan Soataloara II, dan nantinya akan diadakan juga Pelatihan pengelolaan Bank sampah kepada masyarakat agar supaya pengelolaan sampah di lingkungan dapat berjalan lebih baik lagi.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *