oleh

Dukung Pengembangan Kawasan Desa Wisata Palaes, PLN Targetkan Peningkatan Perekonomian Berkelanjutan

Barometer.co.id-Manado. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo kembali menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s (Sustainable Development Goals).

Pada kesempatan ini, melalui konsep “Desa Berdaya PLN” menghadirkan bantuan untuk Desa Palaes sebagai Desa Wisata Penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang yang berlokasi di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

General Manager PLN Suluttenggo J.A Ari Dartomo menyampaikan, sebagai bagian dari salah tujuan TJSL PLN yang tertuang juga dalam SDG’s dalam hal ini pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, PLN berupaya mendorong masyarakat Desa Palaes melalui program Desa Berdaya untuk dapat tumbuh mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

“Latar belakang mengapa kami menjalankan program ini yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, mengurangi tingkat pengangguran serta menjadikan kawasan Desa Palaes sebagai salah satu destinasi wisata yang dapat dikenal luas,” ungkap Dartomo.

Melalui konsep Desa Berdaya PLN memberikan bantuan berupa 1 buah Rumah UMK, 2 gasebo kuliner, 15 Kios Kios Kuliner UMK, 2 buah Perahu Listrik beserta SPLU, 15 set perlengkapan Electrifying Lifestyle berupa kompor Induksi dan Peralatan Masak Listrik, totem dan gapura desa, serta fasilitas pendukung lainnya.

Asisten Potensi Maritim Lantamal VIII Manado, Kolonel Laut (P) Suryai yang hadir mewakili Danlantamal mengungkapkan bahwa pihaknya terus bersinergi bersama PLN dalam menjalankan setiap program TJSL yang bermanfaat untuk masyarakat, terlebih khusus untuk mendukung Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang.

“Konsep Desa Berdaya sebagai bantuan yang diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata serta meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Palaes untuk terus tumbuh semakin pesat,” ungkap Suryai.

Jeini Morong selaku Hukum Tua Desa Palaes mengucapkan rasa terima kasih kepada PLN atas bantuan yang menjadi impian warga sekitar untuk terus produktif dalam kesehariannya.

“Terima kasih PLN, sebelum adanya bantuan ini, ibu rumah tangga penduduk desa dalam kesehariannya hanya berdiam dirumah, kini mereka dapat memanfaatkan kios-kios UMK untuk berjualan sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,” ujar Jeini.

Tentunya hal yang dihadirkan PLN tidak akan bisa tercapai tanpa dukungan dari berbagai pihak mulai dari Pemerintah, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Manado hingga masyarakat yang terlibat.

Konsep Desa Berdaya yang digagas tentu saja sejalan dengan transformasi PLN dalam berbenah memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat pelanggan. Berbagai hal menarik lainnya tentang program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *